Sabtu 12 Nov 2022 14:06 WIB

Ambisi Arab Saudi Menghijaukan Gurun

Arab Saudi menargetkan akan menanam 450 juta pohon pada 2030.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Abha di Arab Saudi Dipercantik Puluhan Ribu Pohon Jacaranda. Ambisi Arab Saudi Menghijaukan Gurun
Foto:

Konsultan ilmiah untuk Greening Arabia di King Abdullah University of Science and Technology Center for Desert Agriculture, Maria Nava mengatakan tim strategis SGI kemungkinan akan memanfaatkan air limbah yang diolah untuk mengairi vegetasi yang baru ditanam. Tujuannya mengurangi kehilangan curah hujan ke laut atau melalui infiltrasi pasir dengan penerapan dan peningkatan pemanenan air di Kerajaan dan remediasi tanah untuk retensi air jika diperlukan.

“Tanaman di daerah perkotaan cenderung membutuhkan lebih banyak air dan penutup kanopi untuk memberikan keteduhan daripada yang tumbuh di iklim pegunungan, wadi dan gurun,” kata Nava.

“Vegetasi ini membutuhkan lebih banyak air dibandingkan dengan pohon gurun yang tahan kekeringan dan memiliki daun lebih sedikit,” tambahnya

Mengingat topografi Kerajaan yang beragam, banyak yang perlu dilakukan untuk memulihkan tanah kering atau semi-kering, mencegah erosi tanah, menahan air, pertanian menggunakan teknik permakultur, dan menanam vegetasi yang toleran terhadap kondisi lokal, termasuk ancaman badai debu yang semakin meningkat.

“Semua wilayah di Kerajaan itu penting dan diperlakukan seperti itu,” kata Nava. 

Setiap zona aksi telah dipelajari dan dianalisis secara mendalam untuk potensi pertumbuhan pohon, ketersediaan air, dan perawatan vegetasi setelahnya. Dalam lingkup setiap zona, proposisi didasarkan pada berkelanjutan dan vegetasi dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan. 

Bukan karena beberapa memiliki lebih banyak perhatian daripada yang lain, lebih karena beberapa, karena cuaca, ketersediaan air, tanah, topografi, memiliki potensi yang lebih tinggi untuk 'menampung' vegetasi daripada yang lain.

“Namun demikian, semua perubahan ekosistem akan mempengaruhi yang lain, yang juga telah dipertimbangkan. Setiap strategi telah dipikirkan agar berkelanjutan,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement