Ahad 30 Oct 2022 06:23 WIB

Turki Resmikan Masjid Pertama di Houston

Masjid pertama di Houston diresmikan Turki.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Turki Resmikan Masjid Pertama di Houston. Foto ilustrasi: Kegiatan di masjid Istiqlal, Houston, Texas, AS
Foto: VOA
Turki Resmikan Masjid Pertama di Houston. Foto ilustrasi: Kegiatan di masjid Istiqlal, Houston, Texas, AS

REPUBLIKA.CO.ID,HUSTON — Presidensi Urusan Agama (DIB) Turki meresmikan masjid pertamanya di Houston, kota terbesar di Texas, Amerika Serikat. Pejabat Turki menghadiri upacara pembukaan masjid itu pada Kamis lalu. 

Seperti dilansir Daily Sabah pada Sabtu (29/10/2022) Masjid itu dibangun di atas tanah seluas dua hektar yang disumbangkan oleh seorang warga Turki. Diubah dari sebuah rumah milik donatur yang sama dengan bantuan yang dikumpulkan dari komunitas Turki di kota tersebut. 

Baca Juga

Wakil presiden DIB Selim Argun, konsul Jenderal Turki Houston Serhad Varli, atase urusan agama konsulat Bilal Bas dan sejumlah pejabat Turki turut menghadiri peresmian masjid itu. Bas mengatakan bahwa itu adalah masjid pertama yang dibuka dengan dukungan DIB di negara bagian selatan Amerika Serikat."Ini adalah langkah sederhana, kecil tapi penting," katanya.

Para pemimpin komunitas Turki dan komunitas Muslim lainnya di Houston menghadiri pembukaan yang dimulai dengan pembacaan Alquran dan doa bersama. Pada 2016, Turki juga meresmikan proyek masjid besar pertama di Amerika Serikat, di mana populasi Muslim yang cukup besar tinggal. 

 

Diyanet Center of America, kompleks yang didanai Turki yang berisi pusat budaya dan salah satu masjid terbesar di negara itu, diresmikan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan di Maryland. Dibangun dengan dana dari Kepresidenan Urusan Agama, serta organisasi nirlaba Turki-Amerika, kompleks dengan ruang konferensi, lapangan basket, restoran, pemandian Turki, dan pusat penelitian budaya itu berfungsi sebagai kompleks sosial dan keagamaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement