Senin 24 Oct 2022 16:48 WIB

Muhammadiyah Kulonprogo Tanam Satu Juta Pohon Aren

Acara ini digelar untuk memeriahkan Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke-48.

Pohon Aren.Muhammadiyah Kulonprogo Tanam Satu Juta Pohon Aren
Foto: Humas Balitbangtan.
Pohon Aren.Muhammadiyah Kulonprogo Tanam Satu Juta Pohon Aren

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGRO -- Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke-48 akan digelar di Surakarta 18-20 November 2022. Menyongsong itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulonprogo menggelar silaturahim warga Muhammadiyah di Stadion Cangkring Wates Kulonprogo.

Acara dihadiri 25 ribu warga Muhammadiyah Kulonprogo dimeriahkan 1.500 pesilat Tapak Suci Putra Muhammadiyah dan permainan angklung 500 anak-anak TK dan SD secara kolosal. Acara ini digelar untuk memeriahkan Muktamar ke-48 di Surakarta.

Baca Juga

Ketua PDM Kulonprogo, Dr Jumarin mengatakan, silaturahmi ini dalam rangka menggembirakan warga Muhammadiyah. mengokohkan ukhuwah dan saling memperkuat antar warga Muhammadiyah. Apalagi, sudah dua tahun tidak ada karena pandemi.

"Muhammadiyah akan selalu memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan di Kulonprogo baik pilar keagamaan, pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi. Kami selalu berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan," kata Jumarin, Senin (24/10/2022).

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana menuturkan Pemkab Kulonprogo mendukung suksesnya Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta. Ormas Muhammadiyah telah banyak berperan tidak cuma di Kulonprogo, bahkan di Indonesia.

Melalui beberapa fasilitas sekolah dan klinik kesehatan, Muhammadiyah memberi layanan pendidikan maupun fasilitas kesehatan kepada masyarakat luas. Sejak Muhammadiyah hadir, banyak yang dipintarkan, dicerdaskan oleh pendidikan.

"Banyak orang diselamatkan dan disehatkan oleh rumah sakit atau faskes, warga disejahterakan dengan UKM milik warga Muhammadiyah," ujar Tri.

Pada kesempatan itu, diserahkan simbolis bibit pohon aren ke PDM Kulonprogo. Pencanangan penanaman satu juta bibit pohon aren program kerja sama Asosiasi Aren Nusantara (AREN) dengan berbagai macam organisasi, lembaga dan instansi.

Koordinator Aren Adib Nurhadi menekankan di Kulonprogo penanaman bibit pohon aren dilaksanakan dengan kerja sama berbagai pihak lewat agenda Green Muktamar. Rencananya, pada tahap awal penanaman akan dilaksanakan di sekitar Waduk Sermo.

"Setelah itu, dilanjutkan ke wilayah-wilayah lain di Kabupaten Kulonprogo," kata Adib.

Untuk rencana penanaman ini telah disediakan 4.500 bibit pohon aren. Berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo (BPDASHL SOP) Kulonprogo dan didukung langsung oleh Eco Bhinneka Muhammadiyah. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement