Senin 17 Oct 2022 20:30 WIB

Wapres Berharap Pesantren Syeikh Nawawi Cetak SDM Unggul

Pesantren Syeikh Nawawi Tanara nantinya akan menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Wapres Maruf Amin
Foto: dok. istimewa
Wapres Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma?ruf Amin berharap Pesantren Syeikh Nawawi, di Banten menjadi Kawah Candradimuka dalam mencetak santri atau sumber daya manusia unggul, dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW, agar dapat terus melakukan upaya perbaikan.

" Kita harus memunculkan, menyiapkan sumber daya manusia untuk Islah Hasanah, li islahil ummah, diiniyyatan wajtima?iyyatan, perlu penerus dan perlu sumber daya manusia yang akan menanggung (perbaikan). Oleh karena itu saya ingin Pesantren Syeikh Nawawi ini menjadi Kawah Candradimuka,? ujar Wapres ketika menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 H, di Pesantren Syeikh Nawawi, Tanara, Banten, Ahad kemarin.

Baca Juga

Dalam acara yang diinisiasi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih (STIF) Syeikh Nawawi tersebut, Ma?ruf Amin menyampaikan, Rasulullah memiliki perangai dan akhlak yang memang pantas dijadikan teladan bagi seluruh umat manusia.

Dia menjelaskan, teladan Rasulullah SAW yang dapat diimplementasikan oleh umat Islam ada dua jenis, yaitu Uswatun Islahiyyah dan Uswatun Insaniyyah. Menurutnya, Uswatun Islahiyyah atau tuntunan perbaikan merupakan teladan yang utama.

" Perbaikan yang dilakukan oleh para nabi itulah yang dilanjutkan para ulama. Jadi ulama adalah gerakannya, harokah islahiyyah. Dan itu juga yang harus dilalukan oleh para pewarisnya, para penerusnya ilaa yaumil qiyamah (sampai hari kiamat),? jelasnya

Perbaikan di sini, lanjut Wapres, dapat dilakukan baik untuk masalah-masalah keagamaan atau kemasyarakatan seperti sosial, ekonomi, dan budaya."Supaya berada di jalur yang benar, supaya selalu berada dalam bimbingan dan tuntunan Allah Subhanahu Wa Ta?ala,? tegas Wapres.

Sementara terkait Uswatun Insaniyyah, Wapres memaknainya dengan mendahulukan hak-hak manusia, yakni bersikap baik sesama manusia, dengan tidak menzholimi dan tidak berbuat semena-mena.

Dia berharap, melalui Uswatun Islahiyyah dan Insaniyyah tersebut, Pesantren Syeikh Nawawi Tanara nantinya akan menjadi pusat pemberdayaan masyarakat, pusat perdagangan dan pusat ilmu pengetahuan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement