Selasa 18 Oct 2022 04:20 WIB

Mengapa Ilmu yang Kita Miliki Harus Dilengkapi Takut kepada Allah SWT?

Allah SWT memberikan ilmu seseorang agar dia semakin dekat kepada-Nya

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi santri belajar ilmu agama. Allah SWT memberikan ilmu seseorang agar dia semakin dekat kepada-Nya
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Ilustrasi santri belajar ilmu agama. Allah SWT memberikan ilmu seseorang agar dia semakin dekat kepada-Nya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ilmu yang kita kuasai harus disertai perasaan takut kepada hukum Allah SWT. Jika kita takut terhadap hukum Allah SWT, maka ilmu yang dikuasai tersebut akan digunakan untuk berbuat kebaikan di dunia sesuai perintah-Nya, bukan untuk berbuat keburukan, maksiat dan dosa yang dilarang oleh-Nya.   

 العِلْمُ إِنْ قَارَنَتهُ الخَشْيَةُ فَلَكَ ، وَإِلاَّ فَعَلَيْكَ 

Baca Juga

"Jika ilmu disertai dengan rasa takut kepada Allah SWT maka ia akan menjadi kebaikan bagi kamu. Sedangkan ilmu yang tidak disertai rasa takut kepada¬-Nya maka ia akan menjadi bencana bagi kamu," demikian tulis Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitab Al-Hikam.   

Penyusun keterangan dan penerjemah Al-Hikam, D A Pakih Sati Lc dalam buku Kitab Al-Hikam dan Penjelasannya yang diterbitkan penerbit Noktah tahun 2017 menjelaskan maksud Syekh Athaillah terkait ilmu yang harus disertai rasa takut kepada Allah SWT. 

Apapun ilmu yang kamu pelajari dan kuasai, sertakan selalu dengan rasa takut kepada Allah SWT agar bermanfaat di dunia dan akhirat. Gunakan ilmu tersebut di dunia hanya dalam kebaikan, seperti berdakwah untuk mengeluarkan masyarakat dari kejahilan, membela kebenaran, dan meninggikan kalimat-Nya di muka bumi ini. 

Maka di akhirat kelak, kamu akan mendapatkan surga-Nya yang penuh dengan segala kenikmatan, yang luasnya melebihi langit dan bumi. 

Namun, jika kamu tidak menyertai ilmu dengan rasa takut kepada Allah SWT, maka ilmu itu justru akan menghancurkan kamu, baik di dunia maupun akhirat. Kamu akan menjadi sarang cacian manusia di dunia, bahkan kamu akan dikucilkan. 

Jika kamu ahli membuat kunci, kemudian kamu memanfaatkannya untuk membantu para pencuri, maka masyarakat akan mencela kamu. 

Maka sertakan rasa takut dalam setiap ilmu yang kamu kuasai. Insya Allah, ilmu tersebut akan mengantarkan kamu menuju surga-Nya. 

خَيْرُ العِلْمِ مَا كَانَتِ الخَشْيَةُ مَعَهُ

"Sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang disertai rasa takut kepada Allah SWT." (Syekh Athaillah, Al-Hikam) 

Jika kamu telah mempelajari dan mengetahui berbagai cabang keilmuan, maka sebaiknya kamu mengetahui bahwa sebaik-baiknya ilmu adalah yang disertai rasa takut kepada-Nya. 

Artinya kamu merasa takut jika ilmu yang kamu kuasai justru semakin membuat kamu jauh dari hidayah-Nya dan semakin menenggelamkan kamu dalam maksiat.    

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement