Selasa 20 Sep 2022 05:05 WIB

Kerukunan Umat Beragama Bagian Penting Jaga Kerukunan

FKUB diharap menjadi wadah silaturahmi.

 Kerukunan Umat Beragama Bagian Penting Jaga Kerukunan. Foto:  Ilustrasi kerukunan umat beragama/toleransi antaragama
Foto: Pixabay
Kerukunan Umat Beragama Bagian Penting Jaga Kerukunan. Foto: Ilustrasi kerukunan umat beragama/toleransi antaragama

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sleman menyelenggarakan seminar 'Merajut Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Sleman.' Agenda ini diadakan guna memperkuat semangat kerukunan umat beragama di Kabupaten Sleman.

Kegiatan turut dihadiri Forum Ormas/LSM Kabupaten Sleman, Forum Komunikasi Antar Partai Kabupaten Sleman, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sleman dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Sleman dan Cross Cultural Studies UGM.

Baca Juga

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan, pentingnya merawat kerukunan dan integritas dalam hidup berbangsa dan bernegara, khususnya di Kabupaten Sleman. Terlebih, Sleman sendiri merupakan tempat berkumpul masyarakat yang heterogen.

Baik dari sisi suku, agama, ras ataupun golongan yang beragam di Indonesia. Untuk itu, ia merasa, perlu kerja sama semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dan kerukunan dalam rangka membendung gesekan antar masyarakat.

"Maraknya paham-paham pemecah belah persatuan perlu kita antisipasi bersama oleh segenap elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Sleman dan terus menjaga keutuhan persatuan," kata Danang di Grand Sarila Hotel, Senin (19/9/2022).

Kabupaten Sleman sendiri turut dikenal sebagai Kota Pendidikan yang memiliki sangat banyak perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Maka itu, banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia datang untuk menjalani kuliah.

Selain itu, Sleman dikenal sebagai Kota Pariwisata dan Kota Budaya yang setiap pekannya banyak dijadikan masyarakat sebagai tujuan destinasi wisata. Artinya, Sleman memang ditinggali masyarakat heterogen baik yang singgah maupun menetap.

Terkait itu, Danang menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh FKUB Kabupaten Sleman tersebut. Karenanya, ia turut berharap, FKUB Kabupaten Sleman mampu menjadi wadah bersama untuk menjalin silaturahmi.

Yang mana, lanjut Danang, bisa pula membendung paham-paham yang bisa meruntuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Kerukunan umat beragama di Sleman menjadi tugas bersama yang harus dilakukan demi menciptakan rasa aman, nyaman dan kondusif.

"Sehingga, bisa mendukung agenda-agenda program pemerintah Kabupaten Sleman agar terlaksana sebaik mungkin," ujar Danang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement