Sabtu 10 Sep 2022 09:00 WIB

BMH Gelar Buka Bersama Puasa Senin-Kamis Santri Tahfidz Al-Ikhlas Hidayatullah Tana Tidung

Tujuannya membentuk karakter melalui pembiasaan puasa sunnah Senin-Kamis.  

BMH mengadakan acara buka puasa Senin-Kamis bersama santri tahfidz Al-Ikhlas Hidayatullah Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltim), Kamis (8/9/2022).
Foto: Dok BMH
BMH mengadakan acara buka puasa Senin-Kamis bersama santri tahfidz Al-Ikhlas Hidayatullah Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltim), Kamis (8/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TANA TIDUNG -- BMH mengadakan acara buka puasa Senin-Kamis bersama santri tahfidz Al-Ikhlas Hidayatullah Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltim), Kamis (8/9/2022). Ifthar jama’i (buka puasa bersama) dalam rangka pembentukan karakter melalui pembiasaan puasa sunnah Senin-Kamis.  

"Antusiasme  santri begitu luar biasa. Dilihat dari usia santri dengan kategori tingkat SMP, namun dari pembiasaan ini santri bisa belajar makna dari puasa. Puasa adalah cara terbaik menumbuhkan kecerdasan komprehensif dalam diri manusia," terang Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Kaltara, M. Nor Komara dlam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (8/9/2022).

Para santri pun bahagia menjalani puasa itu. Seperti dituturkan oleh Azka (13). “Saya sangat senang, yang paling ditunggu-tunggu itu pas buka bersama (ifthar jama’i), jadi ingat pas puasa Ramadhan,” ujar Azka.  

Ustadz Sainal selaku pengajar Pesantren Al-Ikhlas Hidayatullah Tana Tidung mengatakan, puasa merupakan bagian dari pembelajaran langsung yang penting bagi kecerdasan santri.

 

“Puasa sunnah ini diwajibkan untuk semua santri yang tidak ada halangan/uzur untuk melatih dan pembiasaan agar terbentuknya karakter, akhlak dan jiwa kepemimpinan," jelasnya.  

“Alhamdulillah puasa sunnah ini diikuti oleh 30 santri yang punya tekad sehingga bisa menyelesaikan puasa sunnah sampai berbuka. Dan ini merupakan seuatu kebanggan, bisa melihat potensi santri yang mampu melewati tantangan-tantangan yang ada pada dirinya,” tutur Ustadz Sainal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement