Kamis 01 Sep 2022 16:12 WIB

Baitul Qur'an Salimah Resmi Dibuka di Desa Bojong Baru

Baitul Qur'an Salimah (BQS) resmi dibuka di desa Bojong Baru, kecamatan Bojonggede.

Baitul Qur
Foto: istimewa
Baitul Qur

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mengawali bulan September tahun 2022, Baitul Qur'an Salimah (BQS) resmi dibuka di desa Bojong Baru, kecamatan Bojonggede, kabupaten Bogor pada Kamis pagi (1/9/2022). 

Acara tersebut dilaksanakan di kampung Pondok Manggis, RT 01/RW 03 No.8, desa Bojong Baru, kecamatan Bojonggede, kabupaten Bogor, dengan tema "Bersama BQS, Kita Membumikan Al-Quran".

Baca Juga

BQS adalah salah satu program unggulan Departemen Dakwah Salimah yang berfokus pada peningkatan kualitas bacaan maupun hafalan Al Qur'an. 

Saat ini di kecamatan Bojonggede terdapat 10 BQS, 7 diantaranya sudah terdaftar di Pimpinan Pusat Salimah, sedangkan sisanya dalam proses pendaftaran.

Pimpinan Ranting Persaudaraan Muslimah (PRa Salimah) Bojong Baru, yang merupakan salah satu PRa Salimah di PC Salimah Bojonggede ini, berhasil merekrut kurang lebih 25 orang pada pertemuan perdananya.

"BQS ini adalah program yang baru dibuka di PRa kami yang terhitung masih baru," ungkap Kholilah, Ketua PRa Salimah Bojong Baru.

"Namun bismillah, kedepannya kami akan berusaha lebih masif dalam mengajak warga khususnya para muslimah Bojong Baru untuk mengaji di BQS agar tidak ada lagi warga kita yang buta huruf Al-Qur'an," lanjutnya.

Sementara itu, Suyati, salah satu pengajar BQS yang mewakili ketua Departemen Dakwah dan Penanggungjawab BQS PC Salimah Bojonggede, hadir dan resmikan pembukaan BQS di desa Bojong Baru tersebut.

Dalam sambutannya, Yati menjelaskan tentang pentingnya belajar tahsin.

"Tahsin yang artinya hasanah (baik), yahsinu (memperbaiki), ihsan (baikanlah) dan tahsin (perbaikan) ini gunanya untuk memperbaiki bacaan Al-Qur'an kita, hukumnya adalah fardu 'ain membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tajwidnya. Oleh karena itu penting bagi kita belajar tahsin," ungkapnya.

Anggota BQS yang terdiri dari beragam usia ini terlihat begitu antusias dan bersemangat. Rasa gugup seketika hilang, ketika bertemu senyum sumringah para pengajar pada saat melakukan tes perdana di hari tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement