Kamis 01 Sep 2022 16:07 WIB

Badan Amal Inggris Gelar Pelatihan Pengurusan Jenazah Komunitas Muslim

Dalam Islam ada aturan yang harus dipenuhi dalam pengurusan jenazah.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Pelatihan pengurusan jenazah (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, para orang tua  di komunitas Muslim biasa mengambil tanggung jawab untuk memandikan dan mengkafani jenazah. Namun selama pandemi, orang yang berusia di atas 60 tahun, banyak dari mereka yang memiliki kondisi kronis, atau mereka yang dianggap berisiko tinggi  dan harus melindungi diri mereka sendiri, sehingga mereka berjuang untuk menemukan wanita yang lebih muda yang mampu melakukan tugas tersebut.

“Kita perlu mengajari orang bagaimana melakukannya, terutama kaum muda, kita perlu menunjukkan kepada mereka bahwa itu adalah bagian penting dari budaya kita, agama kita, dan kita perlu mempromosikannya sebagai sesuatu yang bermanfaat. Dengan memandikan dan mengkafani (jenazah), Anda baru saja mempersiapkan tubuh itu untuk bertemu Allah dan itu adalah bagian paling berharga dari perjalanan orang itu,” kata Kepala operasi dan komunikasi di Supporting Kemanusiaan, Tahreem Noor. 

“Kami pikir membantu mereka sepanjang hidup mereka, padahal tidak, itu sebenarnya akhir hidup mereka, di mana Anda benar-benar memperlakukan mereka dengan sangat hormat, Anda telah memperlakukan tubuh wanita itu dengan bermartabat, Anda telah memberi mereka kesopanan yang selalu mereka pelihara sepanjang hidup mereka, dan Anda mengikuti Sunnah (Nabi Muhammad),” tambah Noor.

Dia mengatakan tujuan lokakarya juga untuk menghilangkan stigma mitos yang datang dengan mencuci dan menyelubungi, dan meningkatkan kesadaran pada skala yang lebih nasional, menambahkan bahwa rangkaian lokakarya berikutnya, yang diadakan setiap bulan, akan dimulai kembali pada 9 samapi 25 September.

Fasilitator utama di bengkel ghusl, Salma Patel, mengatakan banyak orang yang membutuhkan jasanya memandikan dan mengkafani jenazah. selama pandemi atau dalam tiga tahun terakhir ini. Mereka melakukan ribuan ghusl dan mendapatkan pengalaman yang luas.

Dia menginstruksikan para peserta tentang alat pelindung diri, bagaimana mereka harus berpakaian, menutupi rambut mereka, dan telah melakukan wudhu sebelum memulai proses.

“Kita tidak boleh melihat bagian tubuh mereka selain wajah, tangan dan kaki mereka, dan cara kita harus memandikannya, sama seperti kita biasanya membasuh diri, mencuci semua aurat itu sangat, sangat penting. Jadi kami pastikan semuanya bersih, kemudian kami mengeringkannya,” kata Patel.

Ia juga membeberkan beberapa mitos terkait proses pembalseman jenazah jika hendak diangkut ke negara lain. Dilarang dalam Islam untuk memiliki tubuh yang dimaksudkan untuk transportasi untuk dikeringkan dari darah dan kemudian diisi dengan zat berbasis alkohol.

Termasuk juga ekstensi rambut, mata dan kuku harus dihilangkan, atau bahan buatan apa pun yang menempel pada tubuh. Ini harus ditangani dengan hati-hati karena orang yang meninggal merasakan sakit "70 atau 100 kali lebih banyak." Dia juga menangani mitos tentang apakah wanita dapat melakukan proses tersebut saat dalam siklus menstruasi mereka.

“Saya memiliki sebagian besar dari mereka datang kepada saya mengatakan itu brilian, karena ada banyak hal yang mereka tidak tahu, ada banyak mitos. Pada dasarnya saya telah membersihkan mitos khususnya, jadi saya pikir semua orang sangat senang,” tambah Patel

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement