Senin 29 Aug 2022 21:05 WIB

AFKN Gelar Jambore Dakwah Internasional 2022

Sebanyak 6.000 peserta akan mengikuti Jambore Dakwah Internasional.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Presiden AFKN, Ustaz Fadhlan Gharamatan
Foto: istimewa
Presiden AFKN, Ustaz Fadhlan Gharamatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al Fatih Kaffah Nusantara (AFKN) akan menyelenggarakan Jambore Dakwah Internasional AFKN 2022 di kampung yang berada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Sebanyak 6.000 peserta akan mengikuti Jambore Dakwah Internasional pada 19 Desember 2022 - 1 Januari 2023

Presiden AFKN, Ustaz M Zaaf Fadzlan Rabbany Garamatan, mengatakan, Jambore Dakwah Internasional AFKN tidak pernah dilakukan di kota, selalu di kampung. Tahun ini akan dilaksanakan di kampung yang ada di Kabupaten Fakfak pada 19 Desember 2022 - 1 Januari 2023.

Baca Juga

"Kita bikin Jambore Dakwah, kita bangun kampung itu dari nol, jadi tidak ada masjid maka masjid kita bangun, tidak ada air bersih maka air bersih kita bangun, semacam bedah kampung," kata Ustaz Fadzlan saat silaturrahim ke kantor Republika, Senin (29/8/2022).

Ustaz Fadzlan mengatakan, peserta yang ditargetkan hadir 6.000 orang. Mayoritas peserta dari Papua, sisanya dari berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga.

Ia menyampaikan, ada banyak program yang akan dilaksanakan ketika jambore, di antaranya pelatihan imam masjid, pelatihan akuntansi masjid, dan pelatihan majelis pemuliaan jenazah. Karena banyak orang takut kalau ada orang yang meninggal dunia.

"Jadi kita kampanye satu rumah satu majelis pemuliaan jenazah, misalkan kamu suka memandikan anak kamu dan mengenakan pakaian anak kamu, ketika kamu meninggal anak kamu yang memandikan kamu dan mengkafani kamu," ujar Ustaz Fadzlan.

Ustaz Fadzlan menambahkan, di Jambore Dakwah Internasional AFKN 2022 juga akan ada pelatihan dari Ustaz Ahmad Yani penulis khutbah Jumat. Ada juga kelas imam khatib, kelas muallaf, kelas khusus untuk guru, kelas dai dan lain sebagainya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement