Senin 15 Aug 2022 22:27 WIB

Jika Allah SWT Berkuasa Atas Sesuatu, Mengapa Allah SWT Seolah 'Biarkan' Kejahatan?

Ada hikmah di balik kejahatan yang seolah dibiarkan Allah SWT

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi kejahatan. Ada hikmah di balik kejahatan yang seolah dibiarkan Allah SWT
Foto:

Ini hanya mungkin jika tindakan kita benar-benar membuahkan hasil. Kemudian tindakan kita menjadi bermakna, dan semoga kita bisa terlibat dalam perbuatan baik.

Kita tahu api berguna karena membakar dan membantu kita memasak makanan, tetapi kualitas api yang sama dapat membakar rumah. Artinya, hal-hal yang sangat berguna bagi kita pasti dapat menyebabkan kerusakan juga. Sekarang dapatkah kita sepenuhnya menghilangkan api karena api memiliki sisi yang merusak?

Dari sudut pandang Islam, kejahatan itu seperti salah satu dari saudara kembar, yang lain baik, karena kebaikan di bumi secara ironis terkait dengan kejahatan. Karena, kebaikan di dunia ini tidak mungkin ada tanpa keburukan, karena keduanya adalah dua sisi mata uang yang sama, dan keduanya adalah konsep yang relatif.

Misalnya, menyelamatkan orang yang tenggelam adalah pekerjaan yang baik, tapi ini hanya mungkin ketika seseorang tenggelam, yang merupakan hal yang buruk.

Artinya, kita memiliki kesempatan untuk melakukan pekerjaan baik hanya ketika ada kebutuhan, yang dengan sendirinya jahat, atau setidaknya tidak baik.

Tampaknya kekuatan baik dan jahat bekerja dalam arah yang berlawanan, tetapi dalam analisis terakhir, pekerjaan mereka dapat dilihat sebagai kerja sama terselubung untuk memenuhi rencana ilahi. Dan kita tahu, kejahatan tidak mungkin ada tanpa kehendak Allah SWT dan jika demikian, kejahatan memiliki peran untuk dimainkan.

Singkatnya, baik dan jahat sama-sama diperlukan untuk perkembangan spiritual manusia. Agar roh bertumbuh, dia harus mengatasi kejahatan dan melakukan kebaikan.

Allah SWTberfirman dalam Alquran surat Fussilat ayat 34-35 sebagai berikut:

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۚ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ.وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan) dengan perilaku yang lebih baik sehingga orang yang ada permusuhan denganmu serta-merta menjadi seperti teman yang sangat setia. (Sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak (pula) dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.”

Artinya, kita harus melawan kejahatan dengan kebaikan. Tetapi untuk melakukan ini, kesabaran yang luar biasa diperlukan. Adapun orang-orang beriman, kebaikan tidak merusak mereka, dan kejahatan tidak membuat mereka putus asa.

Kita dapat mengatakan bahwa seorang mukmin harus memiliki dua jenis kesabaran, satu jenis kesabaran dalam menghadapi kejahatan moral dan jenis kesabaran lainnya dalam menghadapi kejahatan alami. Kedua jenis ini diperlukan untuk perkembangan spiritual.

Contoh kejahatan moral adalah penghinaan yang diderita seorang mukmin dari orang yang sombong. Di sini orang beriman mengendalikan amarahnya dengan kesabaran, dan dia berhasil dalam ujian.

Salah satu bencana alam adalah banjir yang mengakibatkan banyak orang, termasuk anak-anak yang menderita. Orang percaya dalam konteks ini tidak mengutuk Allah SWT karena mereka menganggapnya sebagai ujian iman mereka.

Baca juga: Dulu Pembenci Adzan dan Alquran, Mualaf Andreanes Kini Berbalik Jadi Pembela Keduanya

Jadi mereka pergi keluar untuk membantu para korban dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Jika mereka sendiri menjadi korban, mereka bersabar dan mencari pengampunan dari Allah SWT atas kegagalan mereka sendiri dan berdoa untuk perlindungan.

Dan dalam perbuatan ini, mereka mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berhasil dalam ujian itu. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: 

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh luar biasa urusan orang mukmin. Baginya ada kebaikan dalam semua urusannya, dan ini hanya untuk orang yang beriman. Ketika sesuatu yang menyenangkan terjadi padanya, dia bersyukur, dan itu baik untuknya; dan apabila menimpanya sesuatu yang tidak menyenangkan, ia bersabar, dan itu baik baginya.” (Muslim)

 

Orang-orang percaya memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu dan peristiwa berada di bawah kendali Allah SWT sehingga mereka tidak pernah kehilangan harapan. Mereka percaya pada kebajikan abadi dan rahmat Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement