Jumat 05 Aug 2022 10:04 WIB

Kisah di Balik Diresmikannya Muhammadiyah Padang Panjang pada 1926

Pendirian Muhammadiyah Padang Panjang sempat mengalami penolakan.

Warga duduk di belakang monumen Alquran kawasan Islamic Center Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, Rabu (24/7/2022). Monumen Al Quran tersebut merupakan ikon baru Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekkah yang dibangun oleh alumni angkatan 81 SMP se-kota itu. Kisah di Balik Diresmikannya Muhammadiyah Padang Panjang pada 1926
Foto:

Syekh Djamil memutuskan ikut dalam gerbong Muhammadiyah, karena ia melihat Muhammadiyah sebagai satu-satunya benteng yang tangguh menghadang pergerakan Kuminih yang membesar jelang Peristiwa Silungkang (1927).

Ulama tradisional lainnya adalah Syekh Muhammad Zain–seorang penyebar tarekat Naqsyabandiyah di Simabur, juga ikut memengaruhi penghulu nagari, untuk bergabung dengan Muhamamdiyah. Dalam waktu relatif singkat, 400 orang sukses direkrut dan bernaung di Cabang Padang Panjang.

Empat bulan kemudian, tepatnya pada Juni 1926, Padang Panjang dilanda gempa dahsyat. Dalam memori kolektifnya orang Minang, gempa berkekuatan 7,8 SR dan berpusat di Danau Singkarak itu, dikenal dengan nama Gempa Padang Panjang.

Akibat gempa dahsyat ini, rumah kediaman dari Haji Abdul Karim Amrullah –juga saksi berdirinya Muhammadiyah Cabang Padang Panjang, runtuh. Si pemilik rumah masa itu, dalam perjalanan pulang menjemput gelar Dr Honoris Causa dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Hancurnya kediaman Haji Rasul, dan ketiadaan dari pemusatan amal usaha Muhammadiyah Cabang Padang Panjang, memicu Saalah Jusuf Sutan Mangkuto, untuk mencari lokasi terdekat. Akhirnya, berkat bantuan dari Syekh Muhammad Jamil Jaho dipilihkan bekas Hotel Merapi. Kini, komplek itu dikenal dengan nama Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

https://suaramuhammadiyah.id/2022/07/01/kisah-dibalik-diresmikannya-muhammadiyah-cabang-padang-panjang-tahun-1926/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement