Jumat 08 Jul 2022 15:27 WIB

Maybank dan YBKB Salurkan Daging Qurban Kemasan Kaleng

Daging hewan qurban nantinya akan langsung diolah menjadi rendang.

Manager Syariah Maybank Syariah, William Duke (dua kanan) dan Kepala Kemitraan YBKB, Yozar Putranto (dua kiri), berfoto dalam acara seremoni ‘Serah Terima Berbagi Untuk Kebaikan Maybank’ di Jakarta, Jumat (8/7/2022).
Foto: doc YBKB
Manager Syariah Maybank Syariah, William Duke (dua kanan) dan Kepala Kemitraan YBKB, Yozar Putranto (dua kiri), berfoto dalam acara seremoni ‘Serah Terima Berbagi Untuk Kebaikan Maybank’ di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Maybank Indonesia Tbk, melalui Unit Usaha Syariah (UUS)-nya, menggandeng Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) menyalurkan daging hewan qurban ke 15 wilayah. Dengan tajuk ‘Berbagi Untuk Kebaikan’, penyaluran daging qurban tahun ini didistribusikan dalam bentuk kemasan kaleng.

“Inisiatif ‘Berbagi Untuk Kebaikan’ ini merupakan wujud kepedulian Maybank Indonesia kepada masyarakat yang kurang mampu serta sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat ukhuwah atau persaudaraan antar sesama umat Muslim yang merayakan Idul Adha,’’ ujar Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (8/7/2022).

Acara seremoni ‘Serah Terima Berbagi Untuk Kebaikan Maybank’ dilangsungkan di Graha Cerdas Mandiri, Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Jumat (8/7/2022) siang. Manager Syariah Maybank Syariah, William Duke, hadir mewakili pihak Maybank. Sementara yayasan diwakilkan oleh Kepala Kemitraan YBKB Yozar Putranto.

Ada yang berbeda dalam penyaluran daging hewan qurban tahun ini. Karena merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK), YBKB sebagai mitra pelaksana program qurban Maybank, menginisiasi program Cerdas Berqurban dengan penyaluran daging hewan qurban dalam kemasan kaleng (Kaleng Qurban). Kaleng Qurban menjadi solusi atas keresahan masyarakat mengenai wabah PMK yang telah menyebar luas di 22 provinsi.

Daging hewan qurban yang telah dipotong, nantinya akan langsung diolah menjadi rendang yang sudah dimasak matang lalu dikemas dalam kaleng. Daging yang telah dimasak secara higienis dalam bentuk Kaleng Qurban, akan lebih mudah dan aman untuk disalurkan ke 15 kota di seluruh pelosok Indonesia.

‘’Dengan adanya Kaleng Qurban, proses distribusi menjadi lebih mudah, aman dan higienis. Jangkauan pun dapat lebih luas ke pelosok. Tantangan wabah PMK dapat diatasi,’’ kata Ketua Umum YBKB, Putra Aditya Hidayat, dalam rilisnya.

Sebagai mitra pelaksana qurban Maybank, YBKB telah tersertifikasi sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) melalui SK Dirjen Bimas Islam No. 884 tahun 2019. Yayasan yang bergerak dalam literasi pada bidang pendidikan, kemanusiaan dan lingkungan ini rutin menyalurkan daging hewan qurban setiap tahunnya.  

Putra mengatakan penyaluran daging hewan qurban kali ini memasuki tahun kelima. Selain penyaluran daging qurban dalam kemasan kaleng, YBKB juga tetap menyalurkan daging mentah bagi masyarakat sekitar dalam jumlah tertentu. ‘’Kami melakukannya dengan prosedur yang telah memenuhi standar kesehatan agar tetap higienis sehingga aman untuk dikonsumsi,’’ ujar Putra. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement