Sabtu 25 Jun 2022 08:15 WIB

Perbanyak Sedekah Efektif Bentengi Diri dari Pelit

Memperbanyak sedekah merupakan langkah efektif membentengi diri dari pelit.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Pelit dan mabuk harta (ilustrasi)
Foto:

Bagaimana caranya menumbuhkan kegemaran bersedekah?

Untuk menjadi ahli sedekah itu, perlu pembiasaan bersedekah. Meski pun kecil nilainya, semisal seribu rupiah. Di sekolah, di keluarga dibiasakan menyisihkan sebagian harta.Kalau anak kita bersama-sama berang kat sekolah khusus hari Jumat, mungkin kita bisa bekali dengan infak dan sedekah.

Sekolah juga dibuat program untuk menumbuhkembangkan kesadar an bersedekah sejak dini. Perlu sekolah membuat program, memfasi litasi anak-anak agar rajin berbagi, rajin bersedekah. Berapa pun sesuai dengan kemampuannya. Jadi, program seperti ini akan menjdi pembiasaan. Tentu, perlu ditanamkan dulu kesadaran dan keutamaannya supaya muncul kebiasaan. Sehingga, dia tumbuh menjadi orang yang rajin un tuk bersedekah.

Kemudian, kalau di lingkungan keluarga, orang tua tentu menjadi teladan dalam urusan ini. Ayah dan ibu harus jadi teladan. Setiap ada orang kesusahan, berusaha memban tunya. Ketika ada kaum dhuafa, di berikan anaknya uang untuk bersedekah. Pembiasaan seperti ini men jadi penting dan tentu orang tua menjadi teladan yang baik.

 

Maka, penting membentuk lingkungan yang kondusif untuk membangun semangat bersedekah dan itu perlu dengan program program yang berlanjut dan terpadu. Setiap ada bencana, ikut andil bersedekah sesuai kemampuannya sehingga anak tahu ayah dan ibunya rajin bersedekah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement