Sabtu 11 Jun 2022 00:57 WIB

Dompet Dhuafa Tawarkan Hewan Qurban Mulai dari Rp 1,9 Juta

Animo masyarakat dalam menyembelih hewan qurban diperkirakan akan meningkat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Dompet Dhuafa menawarkan hewan kurban mulai dari kisaran harga Rp 1,9 juta. (ilustrasi).
Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa menawarkan hewan kurban mulai dari kisaran harga Rp 1,9 juta. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi masyarakat yang memiliki niat melaksanakan kurban, berikut ini harga terkini dari Dompet Dhuafa menjelang Idul Adha 2022. Dompet Dhuafa menawarkan hewan qurban mulai dari kisaran harga Rp 1,9 juta.

“Tahun ini, kami menargetkan terdistribusinya 40 ribu ekor qurban yang nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan daging qurban. Dengan kriteria, daerah Terluar, Tertinggal, Terdepan (3T), daerah yang mengalami defisit daging qurban, daerah eks bencana, dan kami akan menyalurkannya dalam bentuk hewan qurban hidup yang nanti disembelih dan didistribusikan berupa daging segar kepada masyarakat sekitar. Selain di wilayah Indonesia, kami juga akan mendistribusikan ke beberapa daerah di luar negeri,” kata Ketua Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa 2022, Dian Mulyadi, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

Baca Juga

Adapun Idul Adha akan jatuh pada 9 Juli mendatang. Animo masyarakat dalam menyembelih hewan kurban diperkirakan akan meningkat seiring roda ekonomi mulai membaik meski ditengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menerjang beberapa sektor ternak di sebagian Indonesia. Di sisi lain Dompet Dhuafa terus meningkatkan pengamatan secara intensif (Quality Control) terutama memastikan kesehatan hewan qurban dari para mitra hewan qurban maupun DD Farm sebagai penyedia hewan qurban.

Sementara Direktur Mobilization Ziswaf Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti mengatakan, Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa menyasar hingga 34 Provinsi dan luar negeri. Hal ini disampaikan Etika saat peluncuran Program Hewan Kurban Transmart di Jakarta pada Kamis (9/6/2022) lalu.

"Kami menyasar di 34 Provinsi dan luar negeri. Di luar negeri ada Somalia, Palestina, kita akan pilih di tempat minoritas muslim. Mereka adalah masyarakat yang membutuhkan daging dan di daerah rawan bencana," kata Etika di Jakarta.

Etika mengatakan, Dompet Dhuafa menargetkan untuk mencapai 40 ribu hewan qurban, sementara di tahun sebelumya 35 ribu ekor qurban. Dia mengatakan, para penerima daging qurban Dompet Dhuafa merupakan orang-orang yang jarang menikmati daging, bahan makanan ini menjadi istimewa bagi mereka.

Berikut harga hewan qurban Dompet Dhuafa:

Kambing atau Domba

Standar jantan dengan bobot 23-25 kg: Rp 1.945.000

Medium jantan dengan bobot 26-28 kg: Rp 2.225.000

Premium jantan dengan bobot >29 kg: Rp 2.595.000

Sapi

Sapi jantan dengan bobot 250-300 kg: Rp 13.645.000

1/7 Sapi Jantan 250-300 kg: Rp1.950.000.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement