Kamis 09 Jun 2022 11:07 WIB

Menabung Puluhan Tahun, Tukang Becak dan Istrinya Naik Haji

Pasutri ini masuk kloter 11 dan dijadwalkan berangkat pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Seorang tukang becak di Dusun Jatiraga, Desa/Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Eme, akan berangkat haji tahun ini bersama istrinya. Mereka menabung selama puluhan tahun untuk daftar haji di tengah penghasilan yang pas-pasan.
Foto:

Ikhtiar Eme dan Icih untuk mengumpulkan uang agar bisa menunaikan ibadah haji, memang tak mudah. Pernah tak ada seorang pun penumpang yang menaiki becaknya. Alhasil, dia pulang dengan tangan kosong.

Dalam waktu bersamaan, tak ada pula pemilik sawah yang membutuhkan tenaga Icih. Karenanya, dia juga tidak memperoleh uang. Untuk memenuhi kebutuhan makan hari itu, mereka akhirnya terpaksa mengambil tabungan tersebut.

"Ya mau nggak mau akhirnya terpaksa ambil sedikit tabungan untuk makan hari itu," tutur Eme.

Tak hanya dari minimnya penghasilan, ujian kesabaran Eme dan Icih untuk menunaikan ibadah haji pun datang dari arah yang lain, yakni pandemi Covid-19. Semestinya, mereka berangkat pada 2020 lalu. Namun karena saat itu tak ada pemberangkatan haji, mereka harus kembali bersabar.

Kini, kesabaran itu berbuah manis. Eme dan Icih masuk ke dalam daftar calon haji yang bisa berangkat tahun ini. Mereka masuk kloter 11 dan dijadwalkan akan berangkat pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Kendati telah dipastikan berangkat tahun ini, Eme mengaku, bingung karena tidak memiliki biaya untuk memenuhi kebutuhan selama di Tanah Suci. Pasalnya, uang tabungannya telah habis untuk melunasi biaya pendaftaran haji.

Namun, Eme dan istrinya tidak menghiraukan kekurangan biaya itu. Mereka sudah sangat bersyukur bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Majalengka, Heru Hoerudin, membenarkan adanya calon jamaah haji (calhaj) atas nama Eme dan Icih yang berangkat haji tahun ini.

"Luar biasa, meski penghasilannya tak seberapa, mereka bisa melaksanakan rukun Islam yang kelima," ucap Heru.

Pada tahun ini, calhaj asal Kabupaten Majalengka berjumlah 533 orang. Mereka terbagi menjadi dua kelompok penerbangan (kloter).

Yakni, kloter 11 yang terdiri dari 404 orang. Mereka masuk gelombang I dan akan berangkat pada 11 Juni 2022.

 

Selain itu, kloter 39 yang terdiri dari 129 orang. Mereka masuk gelombang II dan akan berangkat pada 29 Juni 2022. Mereka akan digabung dengan calhaj dari Kabupaten Bogor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement