Jumat 03 Jun 2022 19:30 WIB

Wapres Apresiasi Progres Pembangunan Huntap dan Huntara di Lumajang

Baznas terus bekerja selesaikan pembangunan huntara untuk korban erupsi Gunung Semeru

Baznas terus bekerja selesaikan pembangunan huntara untuk korban erupsi Gunung Semeru.
Foto: Baznas
Baznas terus bekerja selesaikan pembangunan huntara untuk korban erupsi Gunung Semeru.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengapresiasi pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (2/6/2022). Wapres mengatakan ini merupakan buah dari upaya keras yang dilakukan semua pihak dalam percepatan penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru.

"Alhamdulillah kalau begitu kita bersyukur ya," ucap Wapres.

Baca Juga

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus bekerja keras untuk menyelesaikan pembangunan huntara untuk korban erupsi Gunung Semeru. Baznas membangun 163 huntara yang bersumber dari 13 donatur yakni LAZ BMSI/BSI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Gus Miftah, PT. Jababeka, PNPM, Himpera, BAZNAS Tuban, Investree Jakarta, MKKS SMKN Jawa Tengah, PDGI, UPVNJ, KKJB Mimika, dan Dewan Asuransi Indonesia. 

Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan pembangunan huntara akan diselesaikan secara cepat dan tepat waktu agar bisa dirasakan manfaatnya oleh penyintas bencana Gunung Semeru. "Alhamdulillah, proses pembangunan terus digencarkan. Bahkan sebagian besar sudah selesai proses pembangunannya 100 persen di beberapa titik lokasi. Tentu hal ini merupakan kabar baik agar saudara-saudara kita terdampak bencana Gunung Semeru di Lumajang bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak dan memadai," kata Noor. 

Noor menambahkan, proses pembangunan huntara ini sangat terbantu berkat adanya kebaikan dari para donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk membantu sesama. Dia pun mengucapkan terima kasihnya atas bantuan dari berbagai pihak sehingga bantuan yang diberikan dapat dirasakan manfaatnya.

"Terima kasih banyak atas uluran tangan berbagai pihak yang telah membantu proses pemulihan warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Tolong menolong sudah menjadi budaya bangsa ini dan alhamdulillah semakin banyak yang terbantu," katanya. 

Sejak erupsi Semeru melanda, Baznas menjadi salah satu yang terdepan dalam memberikan bantuan. Baznas menerjunkan tim langsung ke lokasi bencana untuk membantu proses evakuasi, pendirian dapur umum, dapur air, tenda pengungsian, bantuan logistik, pemberian akses kesehatan gratis, dan lainnya. 

"Baznas juga sangat peduli dengan proses pemulihan warga terdampak dengan membuat  layanan psikososial bagi anak-anak penyintas korban erupsi Gunung Semeru. Layanan psikosoial sangat penting bagi penyintas, terutama bagi anak-anak. Pendampingan diharapkan bisa memberi semangat dan mengurangi gangguan psikis yang diterima anak-anak penyintas," jelas Noor.

"Kini selain huntara, Baznas juga mendorong terciptanya kemandirian ekonomi para penyintas bencana melalui berbagai program yang dimiliki Baznas. Semoga kelancaran selalu menyertai kita untuk membantu sesama," pungkas Noor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement