Selasa 31 May 2022 10:03 WIB

Hadiri di Silaturahmi Kebangsaan ICMI, Wapres ingin Terobosan Memajukan Umat

ICMI diharapkan mempererat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniah, dan ukhwah insaniah.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Wapres KH Maruf Amin
Foto:

Ketua Umum ICMI Arif Satria menjelaskan bahwa silaturahmi kebangsaan ini sebagai momentum penting dalam rangka merajut, konsolidasi, membangun sinergi sebagai komponen di bangsa ini. Ia menambahkan, ICMI memiliki identitas cendikiawan yang terus menghadapi situasi dinamis.

Saat ini pun, ICMI tetap fokus memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain kualitas iman, berpikir, kualitas karya, kerja dan hidup."Sudah dicanangkan sejak dulu, ICMI hari ini dan kedepan tentu mengawal perubahan-perubahan yang terjadi. Di mana ICMI memiliki empat peran strategis," kata Arif Satria.

Keempat peran startegi ICMI ini antara lain ; pertama, ICMI sebagai solusi dan inspirasi bangsa. Kedua, ICMI menjadi rumah besar umat Islam. Ketiga, ICMI mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara, serta keempat, ICMI mempelopori gagasan-gagasan dan gerakan agenda-agenda aksi untuk pembangunan.

"Cara terbaik memprediksi masa depan adalah menciptakan hari ini. Langkah yang kita lakukan untuk masa depan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam pidato kebangsaannya menyambut kegiatan silaturahmi yang digagas ICMI. Ia menerangkan bahwa kegiatan tersebut sesungguhnya berdasarkan ajaran Rasulullah.

“Di dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang berbunyi 'Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan ingin dipanjangkan umurnya, maka hendaklah bersilaturahmi," ujarnya.

Bamsoet, sapaan akrabnya, mengungkapkan ajang silaturahmi ini sudah dua tahun tidak diadakan di Indonesia karena terhalang pandemi Covid-19, namun di tahun ini silaturahmi sudah mulai dilakukan oleh masyarakat.

Ketua Penyelenggara Halalbihalal ICMI Muhammad Syukur Mandar juga mengucapkan terimakasih atas dukungan acara Halalbihalal yang diadakan ICMI di Gedung MPR baik secara online dan offline. Ia berharap silaturahmi kebangsaan ini mampu mendatangkan manfaat dan hikmah.

"Terimakasih sekretariat MPR, Ketua MPR, terimakasih atas dukungan acara Halalbihalal ICMI ini berjalan degan harapan mendatangkan manfaat dan hikmah, \"kata Muhammad Syukur Mandar.

Diketahui pada acara Halalbihalal ICMI ini, dilaksanakan simbolis penyerahan Sertiifikat Wakaf Gedung ICMI Center dari alm. Bapak BJ. Habibie. Penyerahan simbolis diwakili Dr. Ing. Ilham A. Habibie sebagai Ahli Waris kepada Ketua Umum ICMI serta Launching Kartu Anggota ICMI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement