Kamis 12 May 2022 08:30 WIB

Muslim Jepang Kesulitan Mencari Lahan Pemakaman

Populasi Muslim terus meningkat di Jepang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Jepang
Foto:

Kemudian Hayakawa memutuskan menerima penguburan di semua area pemakamannya seluas 56.200 meter persegi. Namun selama bertahun-tahun dia belum menerima permintaan untuk memakamkan jenazah dengan cara dikubur. Hingga suatu saat, pengurus sebuah masjid di Tokyo bertanya kepadanya apakah pemakamannya dapat menerima penguburan Muslim. Hayakawa pun senang dengan permintaan itu karena dia akhirnya bisa menggunakan izin yang dia terima untuk menerima penguburan.

Sejak itu, Hayakawa terus menerima permintaan pemakaman dari Muslim yang tinggal di Jepang, berkat informasi dari mulut ke mulut tentang pemakaman tersebut. Jumlah permintaan tersebut telah meningkat lebih dari 15 setiap tahun. Hayakawa tidak merasa ragu untuk memasarkan jasa penguburannya karena penguburan merupakan kebiasaan di Jepang ketika dia masih kecil. Nenek dan kakak perempuannya yang meninggal 30 tahun lalu sama-sama dikuburkan.

"Budha atau Muslim, perasaan kita untuk berduka untuk orang yang meninggal itu sama. Hanya saja ada berbagai agama yang lebih cocok pada zaman atau wilayahnya, saya kira begitu," kata Hayakawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement