Rabu 20 Apr 2022 19:22 WIB

Empat Konsep Pengelolaan Harta Pribadi Menurut Perspektif Syariah  

Harta pribadi menurut syariah Islam juga terdapat hak orang lain

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Diskusi Sharia Financial Planning lewat Youtube Republika Official pada Rabu (20/4/2022).
Foto:

Menurut Irfan, dasar pelaksanaan zakat terdapat dalam dua ayat dalam Alquran. Pertama surat At Taubah ayat 60: 

 إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Mahamengetahui, Mahabijaksana.” 

Kedua surat At Taubah ayat 103

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Mahamendengar, Mahamengetahui.'.

Dia menjelaskan, perhitungan zakat mengacu pada SK Ketua Baznas nomor 34 tahun 2020. Zakat penghasilan diperoleh dari penghasilan yang melebihi nishab dikurangi dengan pendapatan tidak kena zakat (PTKZ). PTKZ ditetapkan oleh Baznas, dan saat ini nilainya satu juta rupiah.

Dia melanjutkan, nishabnya bisa 85 gram emas per tahun, 595 gram perak per tahun, atau 524 kilogram beras per bulan. 

Sebagai contoh, tuan A berpenghasilan 10 juta per bulan yang sudah melewati nishab, maka zakatnya adalah Rp 10 juta dikurangi satu juta kemudian dikalikan dengan 2,5 persen hasilnya Rp 225 ribu. 

Sementara Head of Sharia Business Bank Jago, Roy Iskandar, mengatakan Rekening Jago syariah memiliki beberapa keunggulan, di antaranya memiliki fitur yang sama dengan Jago knvensional, akan tetapi menggunakan prinsip syariah. 

Lalu tabungannya menggunakan akad wadiah, kemudian dapat terhubung dengan ekosistem Jago sehingga dapat mengakses Gojek, Gopay, dan Bibit dalam aplikasi Jago Syariah, serta berbagi keunggulan lainnya. 

Dia mengatakan, untuk fitur aplikasi Jago syariah memiliki sejumlah keutamaan yang pertama adalah kantong, di sini seseorang dapat mengelola tabungan di kantong terpisah. 

Baca juga: Motif Tentara Mongol Eksekusi Khalifah Terakhir Abbasiyah dengan Dilindas Kuda

Kemudian ada fitur saving pocket, seseorang dapat menyimpan uang dan menetapkan target impian dengan akad wadiah. 

 

"Dengan adanya Jago syariah kita ingin bahwa kehadiran dari aplikasi jago syariah diharapkan menjawab kebutuhan dari para nasabah dari seluruh Indonesia, yang menawarkan aplikasi perbankan secara digital. Dengan adanya bank jago syariah, kerinduan masyarakat Muslim akan perbankan syariah berbasis digital, insya Allah akan terjawab," kata Roy.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement