Rabu 13 Apr 2022 16:00 WIB

Wapres: Alquran Manual Book Kehidupan Manusia

Wapres menilai pentingnya umat Islam membaca dan memahami isi Alquran.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wapres saat membuka Pekan Tilawatil Quran Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Aceh, Rabu (13/4/2022).
Foto:

Untuk itu, ia berpesan kepada generasi para pecinta Alqur’an harus dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan menghadirkan teladan yang baik bagi masyarakat, sesuai dengan pesan-pesan luhur Alqur’an.

Termasuk menjaga persaudaraan dan persatuan. Karena persaudaraan dan persatuan itu akan membawa kemashlahatan bagi kehidupan bangsa.

Ia melanjutkan, sebagai manual book, Alqur’an juga memberikan tuntunan bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Alquran juga mengandung ajaran tentang prinsip-prinsip ekonomi, antara lain nilai-nilai kejujuran, pemerataan, keadilan, larangan berbuat zalim, ribawi, mengambil hak orang lain secara tidak sah, dan lain-lain.

Bahkan Alquran memerintahkan manusia untuk memakmurkan bumi. Antara lain melalui upaya pengembangan ekonomi baik di bidang pertanian di bidang perdagangan, industri maupun pertambangan.

"Untuk itu maka kunci-kunci itu harus kita hidupkan sehingga masyarakat Islam tidak boleh dia hanya berpangku diri tapi selain dia menjadi orang yang baik, orang yang bertaqwa menjalankan ajaran Islam, maupun ibadah tapi jguga memakmurkan bumi," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement