Selasa 22 Mar 2022 21:21 WIB

Menko PMK Ajak IPHI Bantu Atasi Stunting

Menko PMK mengajak alumni serta calon jamaah haji ikut atasi stunting.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy
Foto:

Oleh karena itu, ia mengajak alumni serta calon jamaah haji untuk bergerak bersama menangani masalah-masalah sosial di masyarakat, seperti yang dicontohkan pendahulu saat prakemerdekaan. Orang yang telah berhaji memiliki pemikiran progresif yang kemudian menjadi simpul-simpul perlawanan untuk mencapai kata merdeka.

"Menurut saya, salah satu ciri kemabruran seorang haji adalah sampai seberapa besar dia memiliki kepedulian kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan pertolongan ini. Saya yakin sebagian atau semua anggota IPHI ini telah melakukan apa yang tadi saya sampaikan," kata dia.

Sebelumnya, Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa upaya pengentasan daerah tertinggal harus sejalan dengan upaya pencegahan kekerdilan dan penanggulangan kemiskinan.

Ia mengimbau kepada pemerintah, baik kementerian/lembaga terkait maupun pemerintah daerah agar melihat permasalahan daerah tertinggal secara utuh, yang kemudian dikoordinasikan dan disinkronisasi lintas sektor.

Menurutnya, pengentasan daerah tertinggal bukan semata persoalan anggaran, tetapi juga masalah kelangkaan sumber daya, termasuk kualitas perangkat desa yang masih kurang serta kondisi spasial wilayah terutama yang masih terisolasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement