Kamis 17 Mar 2022 22:55 WIB

Jangan Tergiur Harga Murah Aqiqah Instan, Periksa Tiga Hal Ini

Memilih aqiqah siap saji harus dilakukan dengan cermat dan teliti

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
 Manajer Operasional AQIQAH86, Nurcholis, mengingatkan milih aqqah siap saji harus dilakukan dengan cermat dan teliti
Foto: Dok Istimewa
Manajer Operasional AQIQAH86, Nurcholis, mengingatkan milih aqqah siap saji harus dilakukan dengan cermat dan teliti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aqiqah bertujuan untuk menyembelih hewan saat kelahiran anak. Sebagai bagian dari fikih ibadah, aqiqah mengandung banyak hikmah.

Di zaman modern ini, jasa aqiqah pun banyak yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan makanan aqiqah siap saji. 

Baca Juga

Tidak hanya itu, penyedia jasa aqiqah juga berlomba-lomba menawarkan harga termurah. Saat ini, sangat banyak iklan jasa aqiqah yang bertebaran di media sosial menawarkan harga murah, sehingga pat orang tua yang ingin mengaqiqahkan buah hatinya pun tergiur.  

Manajer Operasional AQIQAH86, Nurcholis, mengatakan, agar para orang tua tidak tergiur harga murah aqiqah, maka perlu memperhatikan tiga hal. "Bagi Anda yang ingin melakukan aqiqah, perhatikan tiga hal ini agar Anda tidak menyesal," ujar Nurcholis dalam keterangan tertulis yang diterima  Republika.co.id, Kamis (17/3). 

 

Pertama, pastikan kredibilitas dan pelayanan jasa aqiqah yang profesional. 

Menurut Nurcholis, banyak jasa aqiqah yang bergerak masih dalam status UMKM. Alangkah baiknya, kata dia, orang tua yang ingin melaksanakan ibadah aqiqah memperhatikan jasa aqiqah yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya.

Oleh sebab itu, jasa aqiqah tersebut pasti akan menunjukkan pelayanan yang profesional, baik pada saat orang tua melakukan pemesanan maupun setelah pemesanan.

"Jadi, jangan asal pilih jasa aqiqah murah tapi pada akhirnya mendapatkan kredibilitas yang mengecewakan dari segi pelayanan, atau bahkan hasil masakan aqiqahnya," ucap dia.  

Dalam hal ini, dia pun memberikan tips kepada para orang tua agar melihat dulu ulasan orang-orang yang pernah memakai jasa aqiqah tersebut di media sosial atau google. Jika memungkinkan, kata dia, kunjungi langsung kantor pelayanannya untuk lebih yakin saat melaksanakan aqiqah. 

Kedua, perhatikan penyedia jasa aqiqah yang berani memberikan jaminan garansi pelayanan dan produk. 

Meskipun menawarkan harga aqiqah yang murah, menurut Nurcholis, jasa aqiqah yang punya kredibilitas tinggi dan pelayanan profesional akan berani memberikan jaminan garansi. Dengan adanya jaminan garansi tersebut, setidaknya pelanggan punya senjata untuk melindungi haknya. 

"Pada poin ini tips yang tepat adalah sebisa mungkin bijak dalam memilah dan memilih jasa aqiqah yang menawarkan harga murah. Jadilah pelanggan yang cerdas agar tak dirugikan saat aqiqah, karena aqiqah merupakan ibadah. Pilihlah jasa aqiqah yang memberikan jaminan garansi pelayanan dan produk," kata Nurcholis.  

Ketiga, perhatikan penyedia jasa aqiqah yang memberikan harga murah tapi tetap memberikan banyak keuntungan. 

Biasanya jasa aqiqah yang memberikan harga murah tidak memberikan keuntungan lainnya. Hanya sekadar memberikan harga murahnya saja. Karena itu, menurut Nurcholis, sebaiknya orang tua mencari jasa aqiqah yang menawarkan harga murah, tapi juga berani memberikan keuntungan lainnya. 

"Misalnya saja, tetap mendapatkan souvenir aqiqah, sertifikat pelaksanaan aqiqah, kemasan makanan yang elegan dan modern, isi masakan dengan porsi yang dimaksimalkan. Dan yang terpenting, tetap mendapatkan jaminan garansi," jelas Nurcholis.

Dengan kata lain, tambah dia, meskipun harganya murah, keuntungan dan pelayanan yang diberikan jasa aqiqah tersebut tetaplah optimal. "Pada poin terakhir ini tipsnya adalah jangan terburu-buru saat melihat harga murah. Coba tanyakan lebih detail kepada jasa aqiqah yang bersangkutan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan ketika memilih paket aqiqah murah," kata Nurcholis

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement