Rabu 16 Mar 2022 02:33 WIB

Pengalaman Autentik Gurun Saudi di Rakayb Jubbah

Kota Jubbah masuk dalam daftar warisan kuno UNESCO.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi
Foto:

Ia menggambarkan unta sebagai salah satu makhluk terbesar, dimana ada hubungan nyata antara unta dan pemiliknya. Bagai cerita lain, unta memahami suara atau tanda yang dibuat pemiliknya, dan semua pengalaman yang ia rasakan adalah hal yang spektakuler.

"Hanya dengan melihat unta dapat membuat Anda mengetahui sesuatu tentang diri Anda sendiri. Butuh waktu untuk membuat unta akrab dengan orang baru dan saya pikir saya sedang memahaminya," lanjut dia.

Perjalanan dan petualangan Safari mengharuskan para pelancong untuk diperlengkapi dengan baik, serta mengenakan pakaian yang sesuai dengan alam dan suasana tempat yang mereka tuju.

Perjalanan ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan yang akan membantu pengunjung lebih memahami tentang alam dan elemen pariwisata cagar alam. Hal lain yang ingin diraih dari petualangan ini adalah mengaktifkan ekowisata, karena orang akan belajar tentang nyanyian Salam, tarian cerita rakyat, maupun aspek lain dari warisan daerah tersebut.

Pengunjung juga dihadapkan pada cara hidup berdampingan dengan lingkungan gurun dan belajar tentang tanaman langka di cagar alam seperti talha, ghada dan arfaj, selain berurusan dengan unta.

Daerah ini memiliki sejarah yang membentang ribuan tahun dan penuh dengan sisa-sisa dari masa lalu, termasuk lebih dari 4.000 gambar dan prasasti Thamudic.

Seorang musafir Saudi yang telah mengunjungi lebih dari 45 negara, Abdulaziz Al-Damkh, juga ikut dalam perjalanan tersebut. Ia menyebut perjalanan itu melebihi harapannya, utamanya dalam hal pengorganisasian, acara tambahan, langkah-langkah keamanan dan semangat tim yang luar biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement