Ahad 13 Mar 2022 21:26 WIB

Cara Islam Melawan Kemiskinan

Kemiskinan masih menjadi permasalahan mental yang menerpa umat.

Kemiskinan, ilustrasi
Foto:

Sungguh tepat jika Rasulullah SAW ber sabda: Kemiskinan dapat mengakibatkan kekafiran. Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW pun berlindung kepada Allah dari kejahatan ke miskinan dan kekafiran. "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kemiskinan."

Selain membahayakan akidah dan moral, kemelaratan seseorang bisa mendorongnya melakukan perbuatan pelanggan terhadap hukum dan moral. Layaknya sebuah ungkapan yang menyebutkan, suara perut dapat menga lahkan suara nurani.

Karena itu, Rasulullah SAW bersabda, "Terimalah suatu pemberian yang merupakan pemberian biasa. Namun, jangan kamu menerima sogok terhadap agama. Dengan menolaknya, kamu tidak akan kehilangan harta atau jatuh miskin."

Kemiskinan juga menjadi ancaman bagi keluarga, baik saat pembentukan, keberlang sungan, maupun keharmonisannya. Dari sisi pembentukan keluarga, kemiskinan merupakan salah satu rintangan besar bagi para pemuda un tuk menikah. Tekanan kemiskinan juga dapat memisahkan pasangan suami istri. Menurut hukum Islam, hakim boleh menjatuhkan talak kepada seorang istri yang suaminya tak mampu memberi nafkah. Hal ini untuk menjaga keselamatan sang istri.

 

 

sumber : Dialog Jumat
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement