Rabu 02 Mar 2022 06:09 WIB

Pusat Penelitian dan Studi Islam Raja Faisal Riyadh Gelar Pameran Manuskrip Langka

Saudi gelar pameran manuskrip kuno di Pusat Penelitian dan Studi Islam Raja Faisal.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Manuskrip Kuno (ilustrasi). Pusat Penelitian dan Studi Islam Raja Faisal Riyadh Gelar Pameran Manuskrip Langka
Foto:

Karya-karya terpilih diambil dari 178.500 manuskrip yang disimpan di arsip pusat. Di sana terdapat tim yang bekerja untuk menjaga agar manuskrip-manuskrip tersebut tetap terjaga dan terawat. Pangeran Turki dan Pangeran Mohammad menghadiri upacara pemotongan pita untuk meresmikan pameran pada Ahad malam. Para bangsawan kemudian diberi tur Asfar.

KFCRIS didirikan pada 1983 oleh Pangeran Turki, yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Direktorat Intelijen Umum (GID) Arab Saudi dan sebelumnya adalah duta besar untuk AS, Inggris, dan Irlandia.

Bagian pertama dari pameran, berjudul 'Perjalanan Pengetahuan', didedikasikan untuk manuskrip dari penjelajah awal dan penulis perjalanan. Ini termasuk salinan Kalila wa Dimnah tertua kedua oleh Ibn al-Muqaffah, kumpulan fabel mani yang awalnya diterjemahkan ke dalam bahasa Arab pada abad kedelapan. 

Di bagian kedua, Milenium-Old Manuscripts, beberapa contoh karya sastra kuno ditampilkan termasuk al-Bayan wa I-Tabyin, atau Keanggunan Ekspresi dan Kejelasan Eksposisi, oleh penulis abad delapan al-Jahiz.

Bagian ketiga, Perempuan dan Wakaf Pengetahuan, mengakui kontribusi tokoh perempuan terhadap pendidikan di dunia Muslim. Salah satu karya yang dipamerkan adalah Al-Qur'an era Mamluk, yang terkenal dengan ukuran dan kaligrafi artistiknya.

Di bagian empat, By the Author's Hand, manuskrip tulisan tangan asli dipajang. Salah satunya adalah Kitab al-Ibar al-Mubtada wa I-Khabar, oleh sejarawan abad ke-14 Ibn Khaldun, yang berisi komentar dan catatan samping tulisan tangan dari penulis.

Bagian lima didedikasikan untuk Naskah Langka, termasuk buku tebal berusia 2000 tahun karya al-Imam Malik, yang ditulis pada tahun 17 M di Granada, Spanyol modern.

Bagian keenam dan terakhir, Gutenberg's World menampilkan karya cetak dari setelah munculnya Gutenberg Press. Beberapa contoh penting termasuk sebuah Alkitab berbahasa Arab yang dicetak oleh Medici Printing House pada tahun 1591 Roma.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement