Senin 28 Feb 2022 11:11 WIB

Wagub Jabar: Peringatan Isra Mira Bagian dari Syiar Islam

Kegiatan hari besar keagamaan Islam menjadi salah satu implementasi dari Pancasila.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Orang-orang menghadiri perayaan Isra dan Miraj, yang menandai kenaikan Nabi Muhammad, di kompleks yang dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai Temple Mount dan Muslim sebagai Tempat Suci di Kota Tua Yerusalem pada 11 Maret 2021. The Dome of the Rock terlihat di latar belakang.
Foto:

Sehingga, kata dia, kegiatan hari besar keagamaan Islam, juga menjadi salah satu implementasi dari Pancasila itu sendiri. Sementara Pancasila merupakan pedoman yang dilahirkan para pendiri negara Indonesia.
 
"Pancasilais sejati, mereka yang mengamalkan agamanya. Pancasilais sejati di antaranya karena melaksanakan Ketuhanan yang Maha Esa," katanya.
 
"Negara tidak mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan keagamaan tidak sesuai dengan Pancasila," imbuhnya.
 
Sehingga, kata dia, peringatan hari besar sebenarnya merupakan kegiatan multidimensi ditinjau segi agama maupun dari gama.
 
Apalagi, kata dia, Pemprovinsi Jawa Barat saat ini memiliki program Jabar Juara lahir batin, di mana Gubernur Jabar Ridwan Kamil tidak hanya ingin Jabar Juara dalam bidang materil saja, namun juga moral dan batiniyah warganya. 
 
Dengan begitu, kata dia, diharapkan pembangunan yang seimbang dalam baik urusan duniawi dan ukhrawi.
 
"Dalam bidang lahir, biasa berbicara tentang kesehatan, ada dokter, bidang pendidikan ada guru dan dosen, maka dalam bidang bathin pemerintah butuh peran para ulama," katanya.
 
Uu berterima kasih kepada pada ulama yang selama ini telah mencurahkan karya dan jasanya yang turut membangun peradaban manusia di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat. N 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement