Sabtu 26 Feb 2022 22:01 WIB

Diantara Rahasia Sholat adalah Tolak Bala, ini Penjelasannya

Sholat merupakan sarana bermunajat serta sumber pensucian hati.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto:

Prof Nasaruddin mengajak agar sebesar apapun persoalan yang dihadapi untuk mencari jalan keluarnya melalui sholat. Sebab menurutnya ketika seseorang mencoba menyelesaikan persoalan melalui sholat maka setiap persoalan akan terasa sangat ringan. Allah SWT berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (An Nisa 103).  

Prof Nasaruddin menjelaskan bahwa Allah SWT telah menentukan waktu-waktu sholat sehingga manusia jangan sampai terlalu lama meninggalkan sujud. Maka di anatara shalat maktubah yang jaraknya jauh, terdapat shalat-shalat sunah yang sangat dianjurkan. Seperti antara Isya ke Subuh terdapat shalat tahajud. Lalu antara subuh ke dzuhur terdapat sholat dhuha. Kesemua itu merupakan rahasia Allah agar manusia lebih sering bersujud mengingat Allah.  

"Sujud itu tolak bala, menciptakan dinding kokoh, pintu musibah tertutup semuanya," katanya. 

Lebih lanjut Prof Nasaruddin mengatakan sholat adalah mengingat Allah. Dan orang yang mengingat Allah akan memiliki ketenangan dalam kalbunya. Sebagaimana firman Allah

 الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram (Ar Rad 28). 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement