Jumat 25 Feb 2022 05:15 WIB

Minat Pelajar Australia ke Sekolah Islam Naik

Secara nasional, sekolah Islam telah menikmati pertumbuhan yang luar biasa.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Pelajar Australia (ilustrasi)
Foto: ABC
Pelajar Australia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  CANBERRA -- Menurut laporan sekolah tahunan Biro Statistik Australia (ABS), jumlah siswa sekolah dasar dan menengah negeri turun 0,2 persen pada 2021. Sementara Sekolah-sekolah Islam dan Anglikan independen berbiaya rendah di pinggiran kota menerima siswa baru paling banyak.

Perpindahan dari sekolah umum paling besar terjadi di tahun-tahun sekolah dasar, dengan 0,8 persen siswa keluar. Secara keseluruhan, sekolah independen tumbuh sebesar 2,2 persen di seluruh Australia, atau 30.101 murid tambahan.

Baca Juga

Sekolah umum menerima 14.776 dolar (213 juta rupiah) per siswa dalam kombinasi pendanaan negara bagian dan persemakmuran, jadi penurunan 6.388 siswa berarti 94.389.088 dolar lebih sedikit untuk sekolah umum.  Sementara itu, pendanaan untuk sektor swasta, yang menerima rata-rata 11.724 dolar (169 juta rupiah) per siswa, diperkirakan akan meningkat sebesar 352.904.124 dolar.

Uang itulah yang akan diterima dengan penuh syukur di sekolah-sekolah seperti Australian International Academy, sekolah Islam yang berkembang pesat dengan tiga sekolah di pinggiran barat luar Sydney. Kepala Sekolah Mona Abdel-Fattah memulai sekolah tersebut satu dekade lalu dengan hanya 19 murid.  Saat ini, ada 611, dengan lebih banyak yang bergabung di awal setiap tahun.

 

"Sudah hampir seratus tahun, dan saat ini, ada kelas di mana kami tidak dapat menerima siswa lagi," kata Abdel-Fattah, dilansir dari laman ABC pada Kamis (24/2).

Abdel-Fattah mengatakan, daya tarik bagi banyak keluarga muda di daerah itu adalah bimbingan moral ekstra dan iman bersama. “Atraksi besar di sekolah kami adalah lingkungan Islami. Ini identitas, kepedulian, kasih sayang,” kata dia. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement