Kamis 24 Feb 2022 12:51 WIB

Sentimen Anti-Muslim di Asia, Abdul Mu'ti: Ada Islamofobia di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri adanya sekelompok masyarakat yang tidak suka terhadap Islam dan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti. Sentimen Anti-Muslim di Asia, Abdul Muti:  Ada Islamofobia di Indonesia
Foto:

 

Pasalnya, sebelum BJP berkuasa, hubungan pemerintah India dengan Muslim terbangun dengan baik. Bahkan, dalam sejarah, jabatan presiden di India pernah diduduki seorang Muslim.

Mu'ti mengatakan, selama beberapa tahun hal itu seakan menjadi konvensi untuk membangun kerukunan di India. Karena itulah, Mu'ti menyerukan agar pemerintah India menghentikan semua bentuk kekerasan terhadap masyarakat Muslim.

 

"Tindakan kekerasan bisa mengarah kepada pelanggaran HAM serta mempengaruhi hubungan politik India dengan negara-negara Muslim," ujarnya.

Untuk kasus di India, ia berpendapat pemerintah Indonesia bisa memanggil duta besar India untuk menjelaskan tindakan mereka terhadap Muslim dan mendesak dihentikannya semua bentuk kekerasan yang bertentangan dengan HAM. "Di tengah fenomena anti-Islam, umat Islam Indonesia hendaknya tidak merespons secara emosional. Sebaiknya umat Islam bersikap dewasa dan berusaha memperbaiki diri dalam bersikap dan mengekspresikan Islam sesuai dengan ajaran rahmatan lil alamin," kata Mu'ti.

Ia juga menyarankan agar pemerintah Indonesia sebaiknya lebih sensitif terhadap suasana psikologis umat Islam dan lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Ia menekankan aparatur keamanan dan penegak hukum sudah seharusnya bersikap lebih tegas dan adil kepada siapapun yang melanggar hukum.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement