Selasa 22 Feb 2022 18:16 WIB

YBM PLN Ajak Muzaki Berkunjung ke Desa Cahaya di Lombok

Warga sangat berterima kasih atas semua bantuan yang mereka terima melalui YBM PLN

Bertempat di dusun Rangsot, Sigar Penjalin, Lombok Utara, YBM PLN melaksanakan kegiatan Muzaki Visit. Di kegiatan tersebut para Muzaki diajak mengunjungi program Desa Cahaya YBM PLN untuk melihat dan berinteraksi langsung dalam kegiatan masyarakat di sana selama dua hari (12-13 Februari 2022).
Foto: istimewa
Bertempat di dusun Rangsot, Sigar Penjalin, Lombok Utara, YBM PLN melaksanakan kegiatan Muzaki Visit. Di kegiatan tersebut para Muzaki diajak mengunjungi program Desa Cahaya YBM PLN untuk melihat dan berinteraksi langsung dalam kegiatan masyarakat di sana selama dua hari (12-13 Februari 2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK--Bertempat di dusun Rangsot, Sigar Penjalin, Lombok Utara, YBM PLN melaksanakan kegiatan Muzaki Visit. Di kegiatan tersebut para Muzaki diajak mengunjungi program Desa Cahaya YBM PLN untuk melihat dan berinteraksi langsung dalam kegiatan masyarakat di sana selama dua hari (12-13 Februari 2022).

Begitu para Muzaki tiba di lokasi, langsung disambut hangat oleh warga dengan prosesi pemakaian ikat kepala khas Lombok. Mereka disuguhkan pertunjukan budaya lokal berupa permainan gasing tradisional, melihat dan mencoba langsung pembuatan ingke (piring anyaman) bersama para inak-inak (ibu-ibu).

Baca Juga

Acara yang bertujuan untuk meengakrabkan Muzaki ini juga diisi dengan kegiatan mengolah biji jambu mete, dan memanen madu trigona dari sarang lebah langsung. Para Muzaki juga diajak menikmati indahnya matahari terbenam dan bermalam dengan berkemah di bukit Rangsot yang menjadi salah satu lokasi wisata di desa Sigar Penjalin.

Desa Rangsot, Sigar Penjalin adalah salah satu dari puluhan desa binaan YBM PLN yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal. Pemberdayaan tersebut dijalankan melalui kegiatan pendampingan masyarakat dalam memaksimalkan potensi alamnya yang kemudian dibentuklah beberapa kelompok usaha yang terdiri dari Kelompok Usaha Cahaya (KUC) untuk budidaya madu trigona, pengolahan kacang mete, dan pengelolaan wisata bukit Rangsot. Program tersebut sudah dijalankan mulai tahun 2020 dan merupakan tindak lanjut dari bantuan YBM PLN setelah gempa bumi di Lombok tahun 2018 silam.

Desa Rangsot, Sigar Penjalin ini merupakan salah satu desa yang paling parah terdampak gempa saat itu. Rumah para warga semuanya rata dengan tanah dan warganya banyak yang kehilangan harta benda. Saat itu YBM PLN juga telah menyalurkan bantuan untuk membantu mereka mulai dari fase darurat hingga recovery. sampai saat ini beberapa jejak bantuan tersebut pun masih memberikan manfaat bagi para warga mulai dari hunian tetap, sekolah darurat, hingga pembuatan sumber air bersih untuk para warga.

Berkat bantuan-bantuan tersebut kini masyarakat di Rangsot sudah dapat bangkit dalam menjalani hidup mereka pasca gempa bumi. Ekonomi mereka pun perlahan mulai pulih, mereka sudah mampu mendapatkan penghasilan rutin berkat penjualan madu trigona, kacang mete, dan sewa lokasi camping di Bukit Rangsot. Para warga sangat berterima kasih atas semua bantuan yang mereka terima melalui YBM PLN. Mereka berdoa untuk keberkahan dan kesuksesan bagi keluarga besar Muzaki YBM PLN di seluruh Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement