Sabtu 19 Feb 2022 17:31 WIB

BMH Yogyakarta Salurkan Bantuan Modal Usaha untuk Keluarga Dhuafa

Salah satu penerima bantuan modal usaha adalah Angkringan Mursinah.

BMH Yogyakarta menyalurkan bantuan modal usaha kepada Ibu Mursinah, seorang pedagang angkringan di Yogyakarta.
Foto: Dok BMH
BMH Yogyakarta menyalurkan bantuan modal usaha kepada Ibu Mursinah, seorang pedagang angkringan di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menyalurkan bantuan modal usaha kepada pelaku usaha kecil dan  menengah (UMKM). Salah satu penerima manfaat program tersebut adalah Mursinah,  orang tua tunggal sekaligus ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di sebuah angkringan yang menjadi usaha Mursinah, Yogyakarta,  Jumat (18/2).

Marsinah menceritakan, sebelum mendapat bantuan dari BMH, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia bekerja serabutan guna menghidupi kebutuhan anak-anaknya,  seperti makan dan pendidikan. 

“Sebelum membuka angkringan kecil-kecilan ini, saya pernah menjadi tukang masak di salah satu rumah makan.  Saya pernah juga buka usaha rumahan dengan menerima pesanan donat dan snack lainnya,” ungkap wanita yang  telah ditinggal mati sang suami tersebut.

photo
BMH Yogyakarta memberikan bantuan modal dan sekaligus memberikan pendampingan kepada UKM penerima bantuan modal usaha.  (Foto: Dok BMH)

Sementara itu, Muhammad Nashir selaku kepala divisi program BMH Yogyakarta mengatakan, pada saat tim BMH Yogyakarta melakukan survei ke rumahnya, Mursinah berniat mau menjual kasurnya untuk modal membuka angkringan.

 

"Selain semangat beliau untuk tetap berjuang menghidupi keluarga cukup luar biasa, kondisi dan situasi ekonomi saat ini menjadi salat satu alasan BMH untuk membantu memberikan bantuan modal usaha kepada Ibu Mursinah. Harapannya dengan bantuan usaha ini dapat memberikan dampak kemandirian serta perubahan pada sisi perekonomiannya," jelas Nashir, sapaan akrabnya, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

"BMH memberikan bantuan dalam bentuk barang-barang yang diperlukan, perabotan masak serta bahan makanan untuk diolah. Pendampingan akan terus dilakukan secara berkala selama beberapa bulan kedepan dengan pembinaan ruhiyah dan pembinaan usaha,” pungkas Nashir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement