Rabu 16 Feb 2022 22:29 WIB

BSMI Gandeng Unindra Terbitkan Jurnal Kemanusiaan

Pembuatan jurnal sebagai upaya meningkatkan literasi ilmiah di bidang kemanusiaan

MoU BSMI-Unindra
Foto: Dok BSMI
MoU BSMI-Unindra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan Universitas Indraprasta PGRI menandatangani perjanjian kerjasama pembuatan Jurnal Ilmiah Sosial Kemanusiaan yang digelar secara daring, belum lama ini.

Kerjasama BSMI-Unindra dalam pembuatan jurnal sebagai upaya meningkatkan literasi ilmiah di bidang kemanusiaan.  Rektor Unindra Prof Dr Sumaryoto menyambut baik kerjasama BSMI dan Unindra yang bisa membantu kekayaan informasi dan publikasi tentang dunia sosial kemanusiaan dan kesehatan.

Sumaryoto menyebut, BSMI sebagai lembaga sosial kemanusiaan yang sudah memiliki banyak aktivitas tentu memerlukan mekanisme informasi dan pelaporan terutama kepada masyarakat sehingga kegiatan BSMI bisa diketahui oleh publik secara faktual.

Sebab itu, Unindra bisa membantu BSMI untuk menerbitkan jurnal ilmiah kemanusiaan. Ia menyebut, Unindra memiliki satu unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang sangat berpengalaman dan memiliki staf jajaran fungsional di bidang penelitian. 

 

"Dengan kerjasama Unindra dan BSMI insyaAllah sangat memberikan suatu harapan kita bersama sehingga akan ada simbiosis mutualistik antara Unindra dan BSMI sebagai wujud pengabdian masyarakat kita bermitra dengan BSMI," ungkap dia. 

Sementara BSMI mendapatkan manfaat bimbingan secara ilmiah bagaimana menyusun jurnal dan laporan terkait berbagai macam kegiatan sosial kemanusiaan dan kesehatan.

Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi mengatakan, langkah kerjasama ini merupakan lompatan perkembangan yang sangat baik dan menggembirakan bagi BSMI yang telah beraktivitas sejak 2022.

"Apa yang sudah BSMI kami lakukan sejak 2022 berupa kegiatan kemanusiaan perlu didokumentasikan dalam bentuk jurnal yang secara akademik dapat dipertanggungjawabkan dan ini merupakan apresiasi bagi seluruh relawan BSMI," ujar dia.

Rudi mengatakan, BSMI sudah memulai kegiatan penulisan dimulai dengan menerbitkan Majalah tiga sampai empat kali dalam satu tahun, e-Magazine satu bulan sekali, website dan sudah menerbitkan lima buku yang sudah diterbitkan. 

"Kita berharap dari berbagai publikasi yang sudah dilakukan BSMI ada masukan dan tambahan di jurnal dan insyaAllah penandatanganan perjanjian kerjasama sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi dunia kemanusiaan," kata dia. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement