Rabu 09 Feb 2022 03:20 WIB

Tiga Kisah Nabi yang Dapat Meningkatkan Semangat Hidup

Kisah para nabi dpaat dijadikan teladan bagi Muslim.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Kisah Nabi yang Dapat Meningkatkan Semangat Hidup
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Tiga Kisah Nabi yang Dapat Meningkatkan Semangat Hidup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah-kisah Alquran menjadi obat untuk meningkatkan motivasi kita sebagai Muslim. Kita perlu untuk lebih paham kisah teladan, salah satunya dalam kisah para nabi. 

Melansir laman About Islam, berikut tiga kisah singkat pengalaman para nabi yang dapat dijadikan motivasi diri.

Baca Juga

Kisah Nabi Yakub 

Nabi Yakub pernah dikhianati oleh anak-anaknya sendiri. Dia secara paksa dipisahkan dari putranya yang masih kecil Nabi Yusuf. Namun, dia masih memendam mimpi untuk bersatu dengannya lagi dan tindakan serta ucapannya membuktikan hal ini.

Dalam Alquran surat Yusuf ayat 86, Nabi Yakub berdoa, 

قَالَ إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّهِ وَأَعْلَمُ مِنَ اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Dia (Ya‘qub) menjawab, “Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui.

Yakub tetap tabah bahkan ketika ia menangis berulang kali atas keputusasaan situasi. Dia sangat terluka dan tidak bahagia, tetapi dia tidak pernah ragu menaruh kepercayaannya hanya kepada Allah. 

Itu adalah pelipur laranya dan membuatnya terus maju. Tetap ikuti impian dan tujuan kita bahkan ketika semua terasa hilang dan merasa kehabisan energi dan minat. 

Akui rasa kehilangan motivasi, kelemahan dan ketidaksempurnaan kita kepada-Nya dan menangislah jika kita ingin menangis. Membuka diri kepada Allah terus-menerus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement