Senin 07 Feb 2022 14:14 WIB

Kemenag Minta PTKIN Aktif Publikasikan Hasil Penelitian

Data publikasi hasil penelitian di Indonesia masih rendah.

Gedung Kementerian Agama
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gedung Kementerian Agama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama meminta kalangan humas di setiap perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) aktif mempublikasikan hasil penelitian akademik, keunggulan kampus, dan prestasi publik ke publik.

"Data publikasi hasil penelitian di Indonesia masih rendah sehingga PTKIN didorong untuk aktif dalam mempublikasikan hasil penelitiannya baik nasional dan terutama yang terindeks di pengindekan internasional," kata Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo di Semarang, Minggu (6/2).

Baca Juga

Menurut dia, kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi nasional, serta jurnal internasional harus ditingkatkan agar dapat mewujudkan perguruan tinggi, termasuk PTKIN, menjadi universitas riset.

Selain itu, para calon mahasiswa para humas juga diminta aktif dalam mempublikasi setiap keunggulan dan prestasi kampus agar PTKIN menjadi "jujugan" para calon mahasiswa.

"Kuliah di PTKIN itu keren, selain mendapat pengetahuan keagamaan juga ilmu umum lainnya. Nah, seharusnya nilai lebih ini menjadi 'value added' yang terus digencarkan dalam setiap publikasi dan sosialisasi terutama menjelang penerimaan mahasiswa. Humas harus jadi garda terdepan dalam penyebaran informasi dan komunikasi publik kampus," ujarnya.

Hal itu disampaikan Wibowo pada acara Konsolidasi Humas PTKIN terkait Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) yang digelar di Hotel Aston In Semarang pada 4-6 Februari 2022.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement