Jumat 04 Feb 2022 19:37 WIB

Ceramah Oki Setiana Dewi Dinilai Normalisasi KDRT, Ini Kata Gus Miftah

Gus Miftah mengatakan Rasulullah SAW tidak pernah memukul apa pun dengan tangannya.

Pimpinan Pesantren Ora Aji, Gus Miftah. Ceramah Oki Setiana Dewi Dinilai Normalisasi KDRT, Ini Kata Gus Miftah
Foto: Dok Istimewa
Pimpinan Pesantren Ora Aji, Gus Miftah. Ceramah Oki Setiana Dewi Dinilai Normalisasi KDRT, Ini Kata Gus Miftah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh Nahdatul Ulama (NU) Miftah Maulana Habiburrahman atau yang lebih dikenal sebagai Gus Miftah menanggapi potongan ceramah Oki Setiana Dewi tentang suami yang memukul istrinya.

Mengutip hadits riwayat Muslim, Gus Miftah mengatakan, Rasulullah SAW tidak pernah memukul apa pun dengan tangannya, termasuk wanita dan pembantu. "Hadits Aisyah tadi, di dalam kitab Majmu, di situ disebutkan hadits ini adalah dalil bahwa lebih utama tidak memukul istri," ujar Gus Miftah melalui unggahan Instagram-nya, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga

Gus Miftah kemudian mengatakan, dia setuju dengan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU KDRT) agar istri yang mengalami kekerasan bisa didampingi oleh Komnas Perempuan dan mendapatkan hak-haknya. Menurut Gus Miftah, seorang suami kadang-kadang berlebihan dalam melegitimasi dirinya sebagai pemimpin rumah tangga.

"Kadang-kadang suami berlebihan dan terlalu jauh melegitimasi dirinya sebagai imam. Padahal, kadang belum bisa jadi imam yang baik, belum bisa menjadi pemimpin rumah tangga yang bertanggung jawab," ujar Gus Miftah.

 

"Istri juga banyak membantu rumah tangga, ekonomi, mengasuh anak, menyelesaikan pekerjaan rumah, melayani suami. Maka kita tidak boleh sewenang-wenang terhadap istri," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gus Miftah (@gusmiftah)

Mengenai ceramah Oki Setiana Dewi yang viral, Gus Miftah yakin sang pendakwah juga tidak bermaksud menormalisasi KDRT. "Ustadzah Oki juga istri, kok. Saya yakin beliau tidak sepakat dengan KDRT. Mungkin, dugaan saya, pemilihan contoh dan diksi kalimat yang kurang pas," kata Gus Miftah.

Dalam video ceramahnya yang viral belakangan ini, Oki Setiana Dewi menceritakan kisah seorang istri yang dipukul suaminya, tapi memilih tidak menceritakan hal tersebut kepada orang tuanya dengan dalih menutupi aib sang suami. Ceramah tersebut menjadi kontroversi sebab dinilai menormalisasi KDRT.

Terkait hal itu, Oki Setiana Dewi juga sudah meminta maaf melalui akun Instagram-nya dan mengunggah versi yang lebih lengkap dari video ceramahnya yang viral tersebut. "Terima kasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga," tulis Oki, Jumat.

"Mohon doa agar Allah membimbing setiap ucap hingga ke depannya mendatangkan maslahat. Insya Allah saya akan terus belajar, memperbaiki diri, dan menyampaikan dengan lebih baik ke depannya. Mohon bimbingan juga dari sahabat-sahabat semua," ujar dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi)

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement