Senin 07 Feb 2022 13:00 WIB

Pesan Menag Agar Terhindar dari Kekerasan dalam Rumah Tangga

Menag menilai setiap pasangan tentu menginginka terwujudnya keluarga harmonis.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Foto: istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, setiap calon pengantin tentu menginginkan terwujudnya keluarga yang sakinah, mawaddah, rahmah, tenang, damai, harmonis, saling mencintai menyayangi satu sama lain, dan bahagia. Untuk mewujudkannya, tidak hanya membutuhkan niat.

"Itu bisa terwujud, tidak sekadar niat saja, tetapi juga harus dengan pengetahuan. Mengerti caranya dan tahu bagaimana mengupayakannya. Untuk menghindari terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), suami-istri harus sama-sama mengedepankan keseimbangan dan kesetaraan dalam rumah tangga," tutur dia kepada Republika.co.id, Senin (7/2).

Baca Juga

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, juga mengingatkan agar jangan sampai ada dominasi antara suami dan istri. Sebab, persoalan rumah tangga adalah tanggung jawab bersama. Dia berpesan, setiap orang yang hendak atau baru menikah harus menyadari dan memahami niat dan tujuan mengapa seseorang menikah.

Niat dan tujuan menikah itu, terang Gus Yaqut, harus berulang-ulang dilihat dan dipikirkan kembali. Orang yang menikah pastinya memiliki niat yang baik dan bertujuan untuk membentuk keluarga yang Samara (Sakinah, Mawaddah, Rahmah).

"Kalau niat dan tujuannya seperti ini, rasanya tidak mungkin seorang suami berlaku kasar kepada istri atau sebaliknya," tutur Gus Yaqut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement