Senin 31 Jan 2022 16:43 WIB

Tim Bulan Sabit Merah Selamatkan Pria Terkena Serangan Jantung di Masjidil Haram

Pria tersebut kini dalam kondisi stabil.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah sholat di Masjidil Haram. Tim Bulan Sabit Merah Selamatkan Pria Terkena Serangan Jantung di Masjidil Haram
Foto: Saudi Gazette
Jamaah sholat di Masjidil Haram. Tim Bulan Sabit Merah Selamatkan Pria Terkena Serangan Jantung di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Relawan Bulan Sabit Merah membantu menyelamatkan nyawa seorang laki-laki selama sholat Jumat di Masjidil Haram, Makkah. Laki-laki tersebut diduga menderita serangan jantung ketika melaksanakan sholat Jumat.

Juru bicara Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi Abdulaziz Al-Suwayni mengatakan ruang operasi di Makkah menerima laporan pada pukul 12.04 waktu setempat tentang seseorang yang mengalami nyeri dada parah. Ruang operasi mengirimkan laporan langsung ke tim relawan yang bekerja di masjid.

Baca Juga

Dilansir dari Arab News pada Ahad (30/1/2022), tim merawat pasien dan melakukan tes pendahuluan yang diperlukan. Tes menunjukkan dia menderita serangan jantung dan pernapasan. 

“Dia harus ditempatkan pada perangkat defibrilator eksternal otomatis, yang telah disediakan oleh otoritas di beberapa area Masjidil Haram untuk keadaan darurat,” kata I-Suwayni.

l-Suwayni mengatakan tim menggunakan AED pada pasien dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan proses pemulihan. Sehingga ketika tim bantuan darurat tiba di lokasi, pasien sudah mendapatkan kembali denyut nadi dan napasnya. Pasien tersebut berusia empat puluhan tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement