Senin 31 Jan 2022 06:55 WIB

Kuatkan Semangat Ngaji Santri, BMH Berikan Quran

Santri di Desa Bingkat, Kabupaten Serdang Bedagai sangat butuh mushaf Quran.

BMH menyakurkan mushaf Quran kepada santri di  Dusun 11,  Desa Bingkat,  Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara,  Selasa (25/1).
Foto: Dok BMH
BMH menyakurkan mushaf Quran kepada santri di Dusun 11, Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (25/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SEI RAMPAH -- Tim BMH mengunjungi Dusun 11,  Desa Bingkat,  Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (25/1)  guna menyalurkan mushaf Quran kepada anak-anak warga. 

Sebelum menyalurkan, tim telah melakukan penjajakan di dusun ini tingkat kebutuhan Quran. Didapati ada kegiatan belajar ngaji yang sangat sederhana dengan mushaf Quran yang usang dan minim. “Kesimpulannya, mereka sangat membutuhkan dan perlu dukungan yang konkret,” ujar Lukman BAMS, kepala Perwakilan BMH Sumut dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sore menjelang Maghrib, puluhan Quran tersebut diterima secara simbolis oleh Ibu Sumiyem, guru Quran sekaligus pemilik rumah yang menjadikan teras rumahnya sebagai tempat belajar. 

"Ada 40 anak yang mengaji di sini,  Bang. Saya mengucapkan ribuan terimakasih atas bantuan Quran ini. Quran sebagai panduan hidup orang Islam, maka saya buat kegiatan ini," tutur Sumiyem didampingi suaminya.

photo
Para santri di Dusun 11, Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, sangat membutuhkan mushaf Quran, Selasa (25/1).  (Foto: Dok BMH)

Untuk menuju Dusun 11,  tim harus melewati persawahan warga dan perkebunan sawit, sehingga menjadikan terasa sangat jauh yang mengakibatkan minim pembinaan. "Dusun ini  jauh, Bang.  Payah orang ke mari. Syukurlah kalian datang, gembira kali-lah kami," sambut Pak Suhareri, kepala dusun penuh gembira. 

"Quran titipan donatur yang kami salurkan ini, sebagai upaya penyemangat  untuk warga agar makin giat belajar, terutama bagi warga yang berada di daerah yang tidak mudah dijangkau. Dengan Quran tersebut, insya Allah, keberkahan dan pahala jariyah itu dapat mengalir untuk donatur,” tutup Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement