Sabtu 29 Jan 2022 07:40 WIB

Kemenag: Pesantren Siap Jajaki Ekspor Produk Halal

Pesantren siap jajaki ekspor produk makanan halal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.
Foto:

Sebelumnya, Wapres KH Ma’ruf Amin dalam kegiatan tersebut menyatakan acara ini memiliki visi mengembangkan ekosistem produk halal berbasis digital, yang dapat memfasilitasi UMKM agar bisa menembus pasar global.

"Semoga dengan hadirnya Ekosistem Global Halal Hub akan semakin banyak UMKM kita yang berhasil menembus pasar global dan semakin digemari oleh masyarakat internasional," ucap Wakil Presiden

Menurutnya, sudah seharusnya Indonesia menjadi  market leader di bidang industri halal. Kuantitas penduduk muslim di Indonesia sangat banyak dan ini merupakan potensi yang harus dioptimalkan.

Sebanyak 25 perusahaan ekspor UMKM berbasis digital yang tergabung dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor) menjadi bagian utama dalam pengembangan ekosistem Global Halal Hub.

Asosiasi ini menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), komunitas, pesantren, perguruan tinggi dan para pelaku UMKM.

Produk yang saat ini di Expor menurut PDEkspor adalah makanan halal seperti mie, gudeg, bumbu, gado-gado, aneka kue dan bubuk cocoa (cocoa powder). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement