Jumat 28 Jan 2022 20:15 WIB

Siswa Muslim India Tolak Perintah Lepas Hijab di Kelas

Siswa Muslim melakukan protes setelah mereka dilarang mengenakan jilbab di kelas.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Hijab. Siswa Muslim India Tolak Perintah Lepas Hijab di Kelas
Foto:

Menteri Pendidikan B C Nagesh dan Raghupathy Bhat pada Kamis menyebut kegaduhan tentang hijab ini sebagai "konspirasi internasional". Mendikbud mempertanyakan mengapa masalah seperti ini hanya muncul di beberapa kantong negara bagian. Ia juga menyebut ada kekuatan melawan bangsa di balik kegaduhan tersebut.

Perdebatan tentang seragam di India disebut telah diselesaikan di seluruh negeri. Para tokoh di masa lalu telah membuatkan seragam agar tidak ada anak yang merasa minder. Di Udupi College, Komite Pengembangan dan Manajemen Sekolah (School Management and Development Committee/SDMC) telah membuat aturan sejak 1985. Pesan ini disampaikan kepada orang tua, guru. Namun tak sedikit mahasiswa yang protes.

Pemerintah telah mempertimbangkan hal ini dengan sangat serius dan komite tingkat tinggi telah dibentuk untuk memutuskan seragam tersebut. Hingga saat ini, belum ada lembaga pendidikan di negeri ini baik pemerintah maupun swasta yang tidak dapat mengubah aturan tentang seragam. Nagesh mengatakan, lembaga diberikan hak untuk melanjutkan pedoman mereka sebelumnya.

Ia menjelaskan, setelah laporan diserahkan, masalah tersebut akan didiskusikan dengan Ketua Menteri Basavaraj Bommai dan sampai saat itu status quo harus dipertahankan. Sementara itu, Bhat mengatakan bahwa hal tersebut tengah diselesaikan secara kekeluargaan.

"Jika masalah ini diserahkan kepada orang tua dan mahasiswa dari perguruan tinggi dan Muslim di Udupi, itu bisa diselesaikan dalam satu jam. Ini bukan masalah sama sekali. Masalahnya dibuat oleh orang luar," kata Bhat, dilansir di Deccan Herald, Jumat (28/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement