Jumat 07 Jan 2022 09:23 WIB

Apakah Anak Perempuan Juga Wajib Mengurus Orang Tua Lansia?

Anak laki-laki dan anak perempuan punya tugas yang sama merawat orang tua saat lansia

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Karta Raharja Ucu
Dalam Islam, anak perempuan dan anak laki-laki punya kewajiban yang sama merawat orang tua ketika sudah lansia (foto: ilustrasi lansia)
Foto: Pixnio
Dalam Islam, anak perempuan dan anak laki-laki punya kewajiban yang sama merawat orang tua ketika sudah lansia (foto: ilustrasi lansia)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika orang tua tidak memiliki anak laki-laki dan jika sudah tua siapa yang harus merawat mereka. Jika orang tua hanya memiliki anak perempuan, apakah anak tersebut bertanggung jawab dan dapatkah mengurus orang tua di rumahnya.

Melansir laman aboutislam.net ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty mengatakan hak orang tua atas anak-anaknya menempati urutan kedua setelah hak Allah atas hamba-hamba-Nya. Itu adalah perintah yang jelas dari Alquran. Allah berfirman dalam Surah Al Isra ayat 23,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Banyak ayat mengulangi perintah yang sama. Hal ini juga diperkuat dalam hadis-hadis Nabi. Alquran juga menjelaskan menghormati orang tua dan memperlakukan mereka dengan baik adalah perintah utama kedua yang dikeluarkan untuk setiap utusan Allah.

Tidak disebutkan di manapun dalam sumber-sumber bahwa perintah di atas hanya berlaku untuk laki-laki, jika memang demikian, maka Allah dan Rasul-Nya akan berkata demikian. Kita tidak diperbolehkan untuk mengutak-atik perintah atau perintah penting seperti itu.

Karena itu, sebagaimana anak laki-laki diperintahkan untuk menghormati dan merawat orang tuanya, anak perempuan juga memiliki tugas yang sama. Islam juga mengajarkan kepada kita bahwa anak perempuan, sebagai ibu atau istri, harus menyeimbangkan kewajiban mereka terhadap orang tua dengan kewajiban mereka terhadap pasangan dan anak-anak mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement