Sabtu 01 Jan 2022 13:24 WIB

Alasan Meminta Pertolongan kepada Selain Allah SWT Diharamkan?

Allah SWT melarang hamba-Nya meminta pertolongan kepada makhluk

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT melarang hamba-Nya meminta pertolongan kepada makhluk. Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Allah SWT melarang hamba-Nya meminta pertolongan kepada makhluk. Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang Muslim wajib meminta pertolongan kepada Allah ﷻ. Namun sebagian orang ada yang meminta pertolongan kepada selain-Nya. 

Dikutip dari buku Ambilah Aqidahmu dari Alquran dan As-sunnah, bahwa yang sahih yang dipahami sahabat, tidak diperbolehkan meminta pertolongan kepada selain Allah Ta'ala. Dalilnya adalah firman Allah sebagai berikut:

Baca Juga

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

"Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (QS Al Fatihah 5). Dan Nabi Muhammad ﷺ bersabda: 

إذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله 

"Bila kamu meminta, maka mintalah kepada Allah, dan bila kamu minta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepada Allah" (HR At Tirmidzi). 

Di samping itu, Termasuk ke dalam syirik besar apabila meminta bantuan atau mencari berkah dari mereka yang mati atau yang tidak hadir (ghaib). Manusia dapat meminta bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah ﷻ. 

Dikutip dari buku Ambilah Aqidahmu dari Alquran dan As-sunnah yang sahih yang dipahami sahabat, seseorang tidak boleh meminta kepada orang mati atau orang yang tidak ada. Allah Ta'ala berfirman: 

وَالَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَا يَخْلُقُوْنَ شَيْـًٔا وَّهُمْ يُخْلَقُوْنَۗ اَمْوَاتٌ غَيْرُ اَحْيَاۤءٍ ۗوَمَا يَشْعُرُوْنَۙ اَيَّانَ يُبْعَثُوْنَ 

"Dan (berhala-berhala) yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatu apa pun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang.(Berhala-berhala itu) benda mati, tidak hidup, dan berhala-berhala itu tidak mengetahui kapankah (penyembahnya) dibangkitkan" (QS An-Nahl ayat 20-21). Dan, Allah Ta'ala berfirman: 

اِذْ تَسْتَغِيْثُوْنَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ... "(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu..." (QS Al Anfaal ayat 9). Dan Nabi ﷺ bersabda: 

يَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَ حْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ "Wahai Yang Mahahidup, Wahai Yang Mahaberdiri sendiri, dengan rahmat-Mu, aku memohon pertolongan (kepada-Mu)." (HR At Tirmidzi) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement