Jumat 31 Dec 2021 14:03 WIB

BMH Salurkan Quran kepada Anak Warga Sekitar Eks Bandara Polonia 

BMH Sumut akan terus menggulirkan Program Sedekah Quran  di tahun 2022.

BMH Perwakilan Sumatera Utara menyalurkan mushaf Alquran kepada anak-anak warga sekitar  eks Bandara Polonia Medan, Rabu (29/12).
Foto: Dok BMH
BMH Perwakilan Sumatera Utara menyalurkan mushaf Alquran kepada anak-anak warga sekitar  eks Bandara Polonia Medan, Rabu (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- BMH Perwakilan Sumatera Utara melalui program Sedekah Quran terus melakukan ajakan kepada masyarakat agar bersinergi menyediakan mushaf Alquran untuk selanjutnya di berikan kepada warga Muslim yang sangat membutuhkan. 

Jelang akhir tahun 2021, BMH menyalurkan  47 mushaf Alquran dan buku Iqro' kepada anak warga di sekitaran eks Bandara Polonia Medan. Alquran tersebut dibagikan  langsung kepada santri Quran, kemudian diberikan secara simbolis oleh tim BMH kepada Ibu Santi, selaku tuan rumah sekaligus guru ngaji, Rabu (29/12).

Rumah mengaji yang berlokasi di Jalan Bilal Gang  Landasan Karang Rejo Medan Polonia telah menjadi tempat belajar warga sejak 15 tahun yang lalu. Sudah tak terhitung berapa alumninya. "Orang tua mereka dulu di jar ngaji oleh ibu dan bapak saya di Rumah ini. Jadi sejak dulu warga di kampung sini belajar ngajinya sama kami,"  cerita Bu Santi seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Penyaluran Alquran pad malam tersebut   dilakukan di tiga lokasi. Total ada 47 mushaf Quran dan 30 buku Iqro'.

"Saya mewakili mereka. Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan dukungan  Quran ini.  Kami dapat bantuan ini tanpa di minta. Alhamdulillah, mulai sekarang semua anak punya Quran sendiri. Sebelum ini mereka gantian pakai Quran yang disini saja," tutur Bu Santi penuh gembira sambil menunjuk Quran inventaris yang sudah tua.

photo
Kini anak-anak warga sekitar eks Bandara Polonia Medan punya masing-masing satu mushaf Alquran.  (Foto: Dok BMH)

Mereka yang mendapat bantuan Alquran dan Iqro' tersebut tidak perlu datang meminta. Tim BMH yang rutin melakukan survei dan kunjungan ke masyarakat untuk memastikan siapa yang layak menerima Quran tersebut.

Penyebaran Quran ini bukan hanya menyampaikan amanah donatur, namun sebagai upaya memenuhi kebutuhan warga dan mendukung  mereka untuk makin giat belajar ngaji. Juga sebagai pesan bahwa di tengah keterbatasan mereka untuk punya Quran yang baru, di  luar sana ada banyak yang siap membantu. Di  situlah peran BMH, mengajak untuk sedekah Quran sekaligus menyalurkan kepada yang layak di bantu.

"Tentu sangat berterimakasih kepada donatur yang setia menjadikan BMH sebagai teman berbagi. Insya Allah pahala jariyah akan mengalir yang jumlahnya melebihi huruf demi huruf yang mereka baca,” ujar Lukman BAMS, ketua BMH Perwakilan Sumut.

Ia menambahkan, program Sedekah Quran di Sumatera Utara akan terus digulirkan di tahun 2022. Setidaknya dapat mencapai target 1.000 mushaf Alquran sebagaimana jumlah di tahun ini. “Selamat memasuki tahun 2022 dengan penuh semangat berbagi kebaikan,” ujar Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement