Rabu 29 Dec 2021 23:40 WIB

Dzikir Nasional Republika Tahun Ini Digelar Virtual

Tahun ini acara Dzikir Nasional mengangkat tema 'Terus Membersamai Kebaikan'.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan tahun ini Dzkir Nasional Republika digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi. (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan tahun ini Dzkir Nasional Republika digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika kembali menggelar kegiatan Dzikir Nasional pada 31 Desember, dalam rangka memeriahkan momen pergantian tahun. Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi, menyebut acara kali ini digelar secara virtual, mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Kegiatan Dzikir Nasional digelar secara virtual karena situasi yang belum memungkinkan. Tapi, kita berusaha untuk tetap menjaga kekhidmatan, dimana pengisi materi juga berasal dari para tokoh agama di Indonesia," ujar Irfan saat dihubungi Republika, Rabu (29/12).

Kali ini, acara Dzikir Nasional mengangkat tema 'Terus Membersamai Kebaikan'. Salah satu tujuannya, agar kegiatan ini menjadi pengingat bahwa Republika sebagai media tidak cukup hanya memberitakan informasi, tetapi juga menjadi bagian dari setiap kegiatan kebaikan yang terjadi di Indonesia.

Kedua, acara ini juga diharapkan bisa menjadi alternatif kegiatan bagi masyarakat yang ingin melewatkan pergantian tahun dengan cara yang lebih bermartabat, bukan mengisi pergantian tahun dengan hura-hura atau pergi ke tempat yang penuh kemaksiatan.

 

"Mudah-mudahan, Republika berharap kegiatan dzikir yang berjalan secara virtual ini tidak terulang lagi di tahun-tahun ke depan, melainkan sudah berjalan normal. Sehingga, kita bisa kembali bertemu dan menggelar acara secara luring, melibatkan beragam elemen keumatan dan bisa ikut meramaikan dan memakmurkan masjid," lanjutnya.

Lebih lanjut, Irfan menyebut media Republika berusaha untuk menghadirkan acara aternatif ini secara rutin dan terus menerus. Dengan demikian, perayaan pergantian tahun bisa dilewatkan dengan kebaikan, yang membuat tahun depan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kegiatan Dzikir Nasional ini nantinya menjadi kedua kalinya digelar secara virtual atau daring. Biasanya, acara tersebut digelar langsung bertempat di Masji At-Tin, Jakarta Timur.

Terakhir, Pemimpin Redaksi Republika menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pengisi acara dan tim yang terlibat, yang berusaha mendukung kelancaran acara Dzikir Nasional

Berdasarkan informasi dari panitia kegiatan, nantinya acara Dzikir Nasional akan diisi dengan sambutan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, serta Ketua MUI bidang dakwah Cholil Nafis.

Adapun pengisi tausyiah antara lain, Ustazah Qotrunnada, Ustazah Aisyah Dahlan, Habib Nabiel Al Musawa, Ketum ICMI Prof. Arif Satria, Prof. KH nasaruddin Umar, Habiburrahman El shirazy, serta Ustaz Abdul Syukur. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement