Senin 27 Dec 2021 15:35 WIB

Tujuh Program Unggulan KUA Ciawigebang Seusai Direvitalisasi

KUA Ciawigebang memiliki tujuh program yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat

KUA Ciawigebang memiliki tujuh program yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.
Foto:

UPZ (Unit Pengumpul Zakat) KUA

Pasangan catin yang akan menikah di KUA Ciawigebang juga diberikan edukasi tentang pentingnya zakat, infak, dan sedekah. Tak hanya mengajari, KUA Ciawigebang juga memberikan fasilitas bagi pasangan yang akan menikah.

"Kita berikan edukasi. Boleh ke UPZ KUA Ciawigebang dengan bukti transaksi atau langsung ke Baznas Kabupaten Kuningan melalui nomor rekening yang kita berikan," ungkap Iman.

Sementara itu, Bendahara UPZ KUA Ciawigebang, Rita menambahkan, catin menyambut baik program ini. "Ada yang memberi sebanyak 16 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah per catin," ungkap Rita.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, program ini telah menghimpun dana sejumlah 4,1 juta rupiah. "Kita akan setorkan ke Baznas Kabupaten Kuningan karena UPZ KUA hanya menghimpun," terangnya.

Whatsapp Center

Sebagai respons atas program percepatan digitalisasi layanan, KUA Ciawigebang juga mengembangkan layanan Whatsapp Center. Layanan ini dioperasikan oleh JFU KUA Ciawigebang, Mujib Burrohman.

"Semua layanan KUA Ciawigebang bisa ditanyakan melalui Whatsapp Center. Kita juga membuat grup Whatsapp bagi catin sekaligus pasangan yang telah menikah untuk memberikan edukasi secara intensif terkait ilmu rumah tangga," ungkap Mujib.

Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah

Tidak hanya memberikan bimbingan dan layanan sebelum pernikahan, KUA Ciawigebang juga memberikan layanan edukasi, konsultasi, dan advokasi bagi mereka yang telah menikah. Layanan ini merupakan wujud kepedulian Kemenag terhadap lahirnya keluarga harmonis sebagai pilar pembangunan bangsa.

"Ada edukasi, konsultasi, dan advokasi. Petugasnya Penghulu dan Penyuluh Agama Islam yang telah mendapatkan Bimtek dari Kemenag Pusat," lanjut Kepala KUA Ciawigebang, Iman Rohiman.

Kesemua layanan tersebut, tambah Iman, telah melahirkan kepercayaan masyarakat terhadap Kemenag. Bahkan, Pemkab Kuningan yang pernah berkunjung ke KUA Ciawigebang pun memberikan apresiasi.

"Kami bangga dan bersyukur. Revitalisasi KUA diapresiasi banyak pihak, baik masyarakat maupun Pemerintah Kecamatan Ciawigebang dan Pemkab Kuningan," pungkas Iman mengaliri perbincangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement