Sabtu 25 Dec 2021 03:00 WIB

Gedung Bekas Rumah Sakit akan Difungsikan sebagai Masjid

Harrogate Islamic Association (HIA) telah mengajukan pendirian masjid pertama.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Harrogate Islamic Association (HIA) telah mengajukan pendirian masjid pertama. Foto: Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Harrogate Islamic Association (HIA) telah mengajukan pendirian masjid pertama. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,HARROGATE—Harrogate Islamic Association (HIA) telah mengajukan pendirian masjid pertama di Harrogate, sebuah kota di North Yorkshire, Inggris. Masjid itu direncanakan akan dibangun di bangunan bekas kantor Home Guard sekaligus rumah sakit Victoria.

Asosiasi yang didirikan pada 2011 itu telah bertahun-tahun mencari wilayah dan tempat permanen yang dapat diubah menjadi masjid. Bangunan yang juga merupakan bekas Rumah Sakit Victoria itu dibanderol dengan harga  £ 500.000 (Rp 9,4 miliar), dan HIA tengah berupaya mengumpulkan dana untuk membelinya. Selain ditujukan sebagai tempat peribadatan, masjid itu juga rencananya akan menjadi pusat komunitas dan badan amal, sekaligus pusat kegiatan para pengungsi Suriah dan Afghanistan yang kini banyak bermigrasi ke daerah itu. 

Baca Juga

“Kami pikir ini adalah kesempatan terbaik kami untuk memiliki suatu tempat di pusat kota. Lokasi fantastis,” ujar Zahed Amanullah dari HIA yang dikutip Stray Ferret, Rabu (22/12). 

Dia mengatakan, bangunan itu memiliki nilai sejarah yang perlu dihormati, maka HIA telah sepakat untuk mempertahankan sebagian besar struktur bangunan. Dia juga memastikan tidak akan ada penambahan menara atau semacamnya.

“Kami menyadari nilai sejarahnya dan kami ingin mengingatnya ketika kami merestorasi bangunan. Kami akan mempertahankan fitur periodenya. Kami tidak akan memasang menara atau semacamnya, itu diperlukan sebagai ruang. Tidak ada yang akan ditambahkan,” jelasnya. 

Sejarawan Harrogate Malcolm Neesam mengatakan bahwa bangunan itu memiliki nilai sejarah yang penting bagi Harrogate. Ini awalnya adalah rumah sakit kedua di kota itu dari tahun 1873 hingga 1883 sebelum digunakan sebagai Aula Masonik pertama yang dibangun khusus di Harrogate. Bangunan itu juga sempat difungsikan sebagai tempat pahlawan Perang Krimea Harrogate Sersan Mayor Robert Johnston meninggal. Dengan munculnya Perang Dunia Kedua pada tahun 1939, Home Guard setempat mulai menggunakan bangunan sebagai klub sosial untuk bersantai.

Menurut surat dari mantan anggota klub Home Guard yang tertuang dalam dokumen perencanaan, klub terpaksa membubarkan dan menutup venue pada tahun 2015 karena tidak memiliki cukup uang untuk memperbaiki atap yang bocor. Sebelumnya, ada dua pengajuan yang diterima, untuk menghancurkan gedung dan membangun empat flat di atasnya, namun keduanya ditolak. 

 

Sumber

https://thestrayferret.co.uk/harrogates-first-mosque-could-open-at-former-home-guard-club/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement