Rabu 22 Dec 2021 05:56 WIB

Menag: Kebijakan Kementerian Agama Harus Lahir dari Forum-Forum Ilmiah

Menag menyatakan kegiatan ilmiah perlu terus digalakkan di Kemenag

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan  kegiatan ilmiah perlu terus digalakkan di Kemenag
Foto: Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan kegiatan ilmiah perlu terus digalakkan di Kemenag

REPUBLIKA.CO.ID, PRINGSEWU - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas secara resmi membuka acara Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan International Conference on Islam, Law and Society (INCOILS) 2021, di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Selasa (21/12).

Pada pembukaan INCOILS 2021 yang bertajuk “Sharia, State, and Legal Pluralism” tersebut, Menteri Agama menekankan, forum-forum semacam ini di masa mendatang harus diperbanyak, terlebih forum tersebut mengumpulkan para intelektual-intelektual yang matang dalam hal keilmuan, untuk kemudian dapat diserap Pemerintah dalam hal pembuatan kebijakan.

Baca Juga

“Kalau dulu forum semacam ini digelar satu tahun sekali, kalau bisa kedepan tiga atau empat kali dalam satu tahun. Karena saya ingin membiasakan lingkungan akademik di bawah Kementerian Agama rajin-rajin mengasah otak dan ilmu karena kita tahu knowledge is power,” tutur Menag di hadapan para peserta yang diisi oleh para Profesor dan Direktur Pascasarjana dari berbagai PTKIN di Indonesia.

Lebih jauh, Menteri Agama ingin mentradisikan, kebijakan-kebijakan yang lahir dari Kementerian Agama kedepan harus lahir dari naskah akademik buah pemikiran pakar-pakar yang hadir dari forum-forum dibawah Kementerian Agama.

 

Tak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini pun memerintahkan kepada jajarannya untuk tak segan-segan membantu digelarnya forum-forum ilmiah semacam INCOILS.

“Saya sudah membicarakan, bahwa Kementerian Agama harus mensuport, dalam hal ini Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam harus mensuport, bahwa Bapak Ibu sekalian yang hadir juga harus rajin dalam menggelar forum ilmiah semacam ini. Dari agenda ini (INCOILS 2021- red) pun saya ingin nanti ada semacam Executive Summary atau naskah akademik yang nanti bisa saya jadikan pijakan dalam mengambil kebijakan,” kata Menteri Agama.

Sebagai informasi, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam bersama Uin Raden Intan lampung menggelar INCOILS 2021 dar tanggal 21-24 Desember 2021, mengambil tema besar  “Sharia, State, and Legal Pluralism” INCOILS menghadirkan pembicara baik daring maupun luring dari berbagai universitas ternama di dunia.  

Turut hadir mendampingi Menteri Agama dalam pembukaan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, serta jajaran Kementerian Agama lainnya. Hadir pula menyambut kedatangan Menag, Bupati Pringsewu Sujadi Sadat beserta jajaran Forkopimda lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement