Jumat 10 Dec 2021 05:20 WIB

Liga Sepak Bola Pemain Diamputasi di Gaza Bantu Atasi Trauma

Gaza adalah rumah bagi sekitar 1.600 orang yang diamputasi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Liga Sepak Bola Pemain Diamputasi di Gaza Bantu Atasi Trauma. Pemain sepak bola Palestina yang diamputasi berlatih di Stadion Palestina di Gaza City, 5 Desember 2021.
Foto:

Para pemain berharap bersaing secara regional. Mereka juga tertuju pada Piala Dunia untuk orang yang diamputasi di Turki pada Oktober tahun depan.

Pertandingan kualifikasi akan diadakan di Iran pada Maret. Jika perbatasan terbuka, mereka dapat melakukan perjalanan melalui Mesir. Pelatih Simon Baker mengawasi sesi latihan terakhir musim ini pada Ahad lalu.

Baker memilih 20 pemain dari 47 atlet yang mewakili lima klub Gaza. “Mereka diuji untuk kecepatan, kelincahan, kebugaran dan keterampilan. Kami menginginkan pemain yang memiliki segalanya,” kata Baker.

Baker pertama kali mengunjungi Gaza pada 2019 ketika protes masih berlangsung dengan tujuan menciptakan liga untuk orang yang diamputasi. Dia melatih wasit, pemain, dan membantu mengatur liga yang terdiri dari lima klub dengan lebih dari 100 pemain. Dia juga memulai liga junior untuk orang yang diamputasi pada usia lima tahun.

Baker menepis semua pembicaraan tentang politik. “Tujuan saya di sini untuk menciptakan lingkungan di mana para pemain datang ke lapangan dan mereka meninggalkan trauma,” ujar dia.

photo
Para pemain sepak bola yang diamputasi Palestina mengikuti liga sepak bola untuk pemuda-pemuda amputasi Palestina yang diselenggarakan di bawah naungan Palang Merah di Kota Gaza pada, 10 Agustus 2021. - ( EPA-EFE/MOHAMMED SABER)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement