Jumat 26 Nov 2021 00:59 WIB

Tiga Keutamaan Sholat Malam

Sholat malam memiliki banyak keutamaan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
Menyambut pagi dengan sholat malam

Diganjar surga 

Seperti yang disebutkan dalam surat Al-Isra ayat 79, seseorang yang melakukan sholat malam akan diberi tempat yang baik oleh Allah SWT. Orang-orang yang meyempatkan diri di waktu malam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meminta kepada-Nya akan diberikan ganjaran besar.

 

Digolongkan sebagai orang-orang soleh

Salah satu perilaku orang soleh adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT di berbagai kesempatan. Salah satunya di setiap malam ketika orang-orang tidur terlelap.

Allah SWT berfirman: 

وَٱلَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَٰمًا 

Artinya: “Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 64).

Menurut Tafsir as-Sa'di dari Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di menjelaskan, ayat ini berarti orang-orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka,” maksudnya, mereka banyak melakukan sholat malam dengan ikhlas kepada Allah, menghinakan diri kepada-Nya, sebagaimana Allah berfirman, “lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Rabbnya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan,”(QS. as-sajdah:16-17).

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sholat malam, para ulama sangat menganjurkan agar umat melakukannya. Tidak hanya untuk mendapatkan berbagai mukjizat di atas, tapi juga sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT di tengah kesibukan dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement